goreng-ikan

Memasak di dapur itu terkadang seperti ketika sedang perang. Apalagi ketika aktivitas menggoreng ikan. Makin parah karena suami lagi suka – sukanya makan lalapan, jadi ikan goreng adalah paling sering dimasak belakangan ini.

Sedangkan, tau sendiri kan..menggoreng ikan itu benar-benar deh. Selain minyaknya yang muncrat kemana-mana, kadang ikannya juga lengket di penggorengan. Nah, ada nih tips yang biasa saya gunakan ketika menggoreng ikan.

Pertama, agar ikan tidak lengket di penggorengan, saya mengusapkan garam dapur di peggorengan yang sudah bersih dan kering. Lalu memanaskannya di atas api sebelum akhirnya menuangkan minyak. Tunggu hingga minyak panas (tapi jangan sampai berasap) kemudian masukkan ikan yang hendak digoreng.

Kedua, tutup penggorengan untuk mencegah minyak muncrat. Atau, bisa masukkan 2sdm air jeruk nipis untuk meredam minyak yang berlompatan.

Ketiga, jika sudah terlanjur terkena cipratan minyak segera ucapkan kulit yg terkena minyak dengan lidah buaya. Atau kulit pisang jika ada. Dua benda ini akan mencegah kulit melepuh.

Semoga tips nya berguna untuk Mama SunCo semuanya ya!