Kesehatan / Nutrisi dan Gizi

Pengganti Nasi

Alternatif makanan pokok selain nasi adalah jagung, singkong, ubi jalar, kentang, talas, sagu atau pisang dengan kandungan karbohidrat berbeda-beda

 

Jagung

Jagung dimakan sebai bahan makanan utama di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Madura, Sulawesi. Jagung yang dikonsumsi sebagai makanan pokok biasanya jagung putih atau kuning, tetapi bukan jagung manis. Jadung yang telah tua dan kering, setelah ditumbuk kasar dibuat nasi jagung; yang masih agak muda dan segar direbus atau dibakar. Nasi jagung bisa dibuatdari beras jagung atau tepung jagung kasar. Beras jagung siap olah umumnya banyak dijual di pasar tradisional, berbentuk butiran-butiran kecil seperti beras pecah. Beras jagung dibuat dari jagung tua kering yang ditumbuk hingga menjadi butiran-butiran kecil. Beras jagung bisa dimasak sendiri atau dicampur dengan beras. Tepung jagung kasar dibuat dari jagung kering tua yang direndam hingga mengembang, ditiriskan, lalu ditumbuk kasar dan tampa diayak. Tepung jagung kasar ini bisa langsung dimasak atau dijemur hingga kering untuk disimpan.

 

Kandungan Kalori, karbohidrat, dan Protein Beras dan bahan makanan Penggantinya per 100 gram bahan.

 

Singkong

Sebagai bahan makanan pokok, singkong / ubi kayu biasanya dijemur sampai kering, menjadi gaplek. Setelah ditumbuk halus, tepung gaplek dimasak menjadi “nasi” yang disebut tiwul.

Untuk membuat gaplek, kupas singkong, lalu jemur (utuh maupun setelah dibelah) hingga kering. Dulu orang menjemur singkong kupas dengan melemparnya begitu saja di halaman atau di atas genteng,s etelah kering dijual atau disimpan untuk keperluan sendiri. Dari gaplek itulah kemudian dibuat berbagai makanan. Gaplek yang dibiarkan tetap di udara terbuka hingga hitam berjamur (disebut gatot/gebleh), biasanya dipotong-potong, dicuci, lalu dikukus hingga masak. Disajikan dengan taburan kelapa parut, untuk sarapan pagi.

 

Membuat Tiwul

 

  1. Taruh tepung gaplek di atas tampah, perciki air, aduk-aduk dengan telapak tangan hingga membentuk butiran-butiran.
  2. Remas-remas dengan tangan, sekali-sekali goyang-goyang tampah sampai adonan membentuk butiran yang dikehendaki.
  3. Kukus butiran nasi tiwul hingga masak.

 

  • Tiwul bisa disajikan dengan taburan kepala parut sebagai penganan selingan, atau sebagai makanan utama.
  • Sebagai “nasi”, tiwul cocok dipadu dengan lauk kering atau yang berkuah.

 

Ubi jalar

Dulu ubi jalar dimakan sebagai makanan utama di Pulau Nias dan Papua. Ubi rebus/kukus dipadu dengan lauk pauk dan sayuran. Ubi jalar ada yang berwarna kuning, putih, atau ungu. Ada yang manis-legit, ada pula yang gurih. Sebagai makanan utama, untuk memenuhi kebutuhan kalori per hari ubu jalar harus dimakan lebih banyak, karena kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan dengan nasi (hanya 27.9 g per 100g ubi). Bagi Anda yang berdiet rendah kalori, sumber karbohidrat ini bisa menjadi pilihan. Di Barat ubi jalar diolah menjadi hidangan eksotis dengan tambahan glaze, dan disajikan untuk tamu agung. Di  Jepang ubi jalar juga menjadi penganan favorit seperti makanan lainnya, khususnya jenis ubi manis.

 

Kentang

Di Indonesia kentang tidak lazim sebagai makanan utama. Di Negara-negara Barat-lah kentang dimanfaatkan sebagai bahan makanan utama. Kentang untuk direbus, lain dengan kentang untuk digoreng . Kentang rebus atau goring disajikan bersama masakan dari daging atau sayuran. Biasanya kentang direbus, dikukus,a tau dipanggang bersama kulitnya. Ada juga yang dibungkus kertas alumunium dulu, lalu disajikan bersama salad atau masakan lain, dingin atau panas.

Dengan masuknya hidangan french fries ke Indonesia, kentang mulai popular sebagai makanan utama, baik dalam bentuk kentang goring maupun kentang bakar/panggang. Padahal dulu kentang hanya disajikan sebagai makanan pelengkap atau lauk, diolah bersama sayuran lain.

 

Talas

Umbi ini banyak digunakan di Papua / Irian Jaya dan Maluku sebagai makanan utama. Ada beberapa jenis talas yang lazim ditanam di Indonesia: talas bote, talas bogor (talas bentul), talas garbu yang besar umbunya, talas lumbu yang daunnya enak disayur dan tidak gatal, talas kimpul yang umbinya agak gatal tetapi enak dimakan, dan talas sente yang gatald ana tidak lazim dimakan. Semua jenis talas mengandung getah (berberin) yang dapat menimbulkan gatal, khususnya saat masih mentah. Beberapa jenis akan hilang dengan pemasakan.talas dimakan setelah direbus/dikukus, ada juga yang dipotong kecil/tipis lalu digoreng garing sebagai camilan. Sebagai makanan utama, talas lalu dibuat tetal, disajikan dengan lauk dan sayuran.

 

Sagu

Sagu merupakan makanan pokok di daerah Papua / Irian dan Maluku serta banyak terdapat di daerah Indonesia Timur lainnya. Tepung sagu ini diperoleh dari batang sagu yang masih satu family dengan tanaman kelapa. Bagian tengah batang sagu dipukul-pukul hingga hancur, lalu diperciki air dan diperas diambil patinya. Di Maluku sagu djual dalam bentuk tepung segar, tepung setelah dikeringkan,a tau didalam bentuk kotak-kotak. Sagu dapat dibuat berbagai jenis penganan , bisa pula dijadikan makanan utama setelah dimasak seperti bubur. Disajikan bersama lauk ikan, dan sayuran.

 

Pisang

Pisang yang digunakan sebagai makanan pokok di antaranya piang tanduk, pisang kapok kuning, pisang kapok putih. Pisang merupakan makanan utama di Kalimantan dan Sulawesi. Biasanya yang digunakan adalah pisang mentah yang sudah tua hingga rasanya netral

Artikel Terkait

Resep Ku
Berikut Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Tahu!

Selengkapnya

...

Santap Sehat
Banana Oatmeal Breakfast Smoothie

Selengkapnya

...

Resep Ku
Pedas Gurih Ayam Geprek Mozzarella

Selengkapnya

...