Gaya Hidup / Jalan-Jalan

Traveling Irit Anti Mahal

Musim liburan sebentar lagi tiba tentu kamu harus mempersiapkan jadwal liburan bersama keluarga atau teman. Hal yang paling dikhawatirkan saat liburan adalah budget yang mahal, padahal sebenarnya tanpa harus mengeluarkan uang banyak kamu sudah bisa mengunjungi beberapa tempat yang ingin kamu kunjungi, lho.

Kebanyakan traveler berhasil mengunjungi tempat yang mereka inginkan bukan karena punya banyak uang, hanya saja mereka mampu mengatur keuangan dengan baik selama perjalanan. Mungkin kamu saat ini masih sulit dalam mengatur keuangan untuk traveling, baik untuk transportasi, penginapan sampai oleh-oleh. Padahal ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat budget selama kamu melakukan traveling.

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menyusun jadwal traveling jauh hari sebelumnya dengan detil. Kamu harus tau mau kemana, berapa lama dan apa yang kamu lakukan. Dengan cara itu kamu bisa membuat itinerarymu sendiri dan memperkirakan budget yang akan dikeluarkan selama liburan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tiket yang lebih murah dibanding harus membelinya secara mendadak. Menurut riset dari korporasi penerbangan, waktu terbaik membeli tiket pesawat yang murah adalah 6-8 minggu sebelum waktu keberangkatan. Jadi, paling tidak kamu harus melakukan pemesanan 2 sampai 3 bulan dari masa keberangkatan. Agar traveling bisa lebih murah lebih baik pergi secara bekelompok, karena traveling sendirian dapat lebih banyak menguras uang.

Sesampainya di tempat tujuan carilah penginapan yang murah, usahakan untuk tidak mencari hotel supaya dapat lebih menghemat budget. Kamu bisa memilih homestay atau penginapan lainnya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Hindari membayar lebih hanya untuk fasilitas wifi, tujuanmu liburan untuk menghabiskan waktu di tempat-tempat wisata. Pintar-pintarlah mencari penginapan gratis, misalnya dengan menghubungi saudara atau teman yang tinggal di daerah kunjunganmu.

Cari tempat makan yang murah. Restoran atau kafe di sekitar tempat wisata akan sangat mahal, namun jika kamu jalan sedikit keluar dari tempat wisata kamu akan menemukan warung-warung yang menjual makanan tradisional yang tentunya akan jauh lebih murah. Saat dipenginapan pun carilah tempat makan yang lebih murah, jangan mudah tergiur dengan makanan kekinian yang bisa membuat kantong mu cepat kosong. Kalaupun kamu ingin mencoba makanan yang sedang kekinian di daerah kunjunganmu, belilah dengan sistem sharing bersama teman-temanmu.

Terakhir adalah saat kamu berburu cenderamata atau oleh-oleh sangat dianjurkan untuk membelinya di pasar tradisional dibanding kamu membeli di tempat wisata yang harganya justru bisa naik 2x lipat. Belanja di pasar tradisional kamu akan mendapatkan bermacam-macam oleh-oleh yang bisa jadi pilihan. ­­­

Artikel Terkait

Jalan-Jalan
10 Cara Traveling Irit

Selengkapnya

...