Gaya Hidup / Gaya Mu

Cara Mudah Detoks Tubuh Sendiri

Buang racun dalam tubuh dengan detoksifikasi

Jika kamu sering mengalami sakit kepala tanpa sebab yang pasti, maka kamu harus curiga adanya penumpukan racun dalam tubuh. Penumpukan racun di dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan fungsi usus, yaitu untuk memisahkan zat bergizi, air, garam, serta vitamin dari bahan pengawet dan kimia yang berasal dari campuran makanan sehari-hari.

Supaya fungsi usus dapat bekerja dengan normal, maka kamu perlu melakukan detoksifikasi atau membuang racun di dalam tubuh. Tak perlu waktu khusus untuk melakukan detoksifikasi, karena kamu dapat melakukannya sendiri dengan cara sederhana di sela-sela aktivitas. Berikut di antaranya:

Air Putih

Minum air putih antara 10-12 gelas per hari adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan usus. Karena mengonsumsi air putih sebanyak itu merupakan cara alami membuang racun dan sisa makanan di dalam tubuh.

Memperbanyak konsumsi air putih dapat merangsang gerakan peristaltic alamiah usus, sehingga makanan bisa bergerak sepanjang usus. Selain itu, air putih juga dapat menjaga kelembapan tubuh.

Jus Apel

Bagi kamu yang tidak terlalu suka banyak mengonsumsi air putih, maka dapat menggantinya dengan jus buah. Cobalah minum segelas jus buah apel segar sehari sekali. Cara ini sangat baik untuk memacu gerakan usus, membantu memecah racun dan memerbaiki kesehatan saluran cerna.

Kulit buah apel yang kaya akan serat dan zat aktif sehat, sehingga baik kalau ikut termakan. Adapun cara efektif mengonsumsi jus apel, yaitu minumlah segelas jus apel tanpa disaring. Setelah 30 menit, minum segelas air putih. Lakukan cara ini paling sedikit empat kali sehari.

Memang idealnya konsumsi jus buah dengan cara langsung diperas. Namun dalam keadaan terpaksa boleh saja minum jus apel organik yang siap minum.

Jus Sayuran

Selain jus buah, jus sayuran juga dapat digunakan untuk detoksifikasi. Pilihlah sayuran segar yang kamu suka untuk dijus, terutama yang berwarna hijau tua, seperti brokoli, sawi hijau, dan daun kelor. Karena jenis sayuran tersebut kaya akan vitamin, mineral, protein, dan lemak yang dapat membuat tubuh lebih sehat dan berenergi.

Kamu juga bisa menambahkan jus sayuran tersebut dengan beberapa jenis sayuran lain seperti wortel dan kecambah yang kaya akan nutrisi.

Untuk mentralkan rasa dan bau yang kurang enak pada jus sayuran, sebaiknya minumlah teh herba daun jinten atau jahe segar setelah mengonsumsi jus.

Jus Lemon

Lemon kaya akan kandungan zat antioksidan dan vitamin C, sehingga sangat cocok untuk detoksifikasi. Adapun cara efektif mengonsumsi jus lemon. Ambilah dua sendok makan jus lemon segar, campurkan jus ini antara dua sampai empat kali sehari.

Rebusan Rempah

Air rebusan rempah kaya akan kandungan minyak atrisi yang bermanfaat membantu mengatasi rasa mual, perut kembung, dan gangguan saluran cerna lain, sangat cocok diminum selama program detoks. Adapun cara mudah membuat air rebusan rempah. Rebus jahe, cengkeh, kayu manis, dan serai dengan api sedang.

Jangan lupa untuk melengkapi program detoks dengan  berbagai jenis olahraga, salah satunya yoga. Lakukan gerakan yoga setiap hari, minimal 30 menit. Karena olahraga mampu mempercepat proses pengeluaran racun di dalam tubuh.

Artikel Terkait

Gaya Mu
Tiru Gaya Hidup Sehat Ala Gwen Winarno Berikut Ini

Selengkapnya

...

Gaya Mu
Oles Minyak Kelapa pada Wajah, Rasakan Manfaatnya!

Selengkapnya

...

Gaya Mu
Punya Mata Panda? Ini Bahan Alami Mengatasinya

Selengkapnya

...