Kesehatan / Heatlh News

Rasakan Manfaat Tak Terduga dari Jahe

Khasiat jahe

Musim penghujan telah tiba. Tentunya yang paling banyak dicari adalah makanan atau minuman yang mampu memberikan rasa hangat pada tubuh.

Salah satunya adalah jahe. Tidak diragukan lagi, jahe merupakan rempah yang paling bermanfaat. Hal tersebut dikarenkan banyak kandungan bermanfaat di mana dapat membantu dalam berbagai masalah kesehatan.

Kanker

Jahe dapat dikonsumsi sebagai suplemen makanan atau sebagai teh. Akar yang luar biasa ini memiliki banyak kegunaan, dapat digunakan untuk melawan kanker. Benar-benar dapat menghancurkan sel-sel kanker ovarium dan dapat mengurangi sindrom iritasi usus.

Meredakan Nyeri

Selain itu, jahe juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri dan peradangan, termasuk nyeri otot akibat olahraga terlalu intens, sakit kram saat menstruasi dan arthritis.

Caranya, buatlah minuman yang terbuat dari jahe, kunyit, air perasan dari dua buah jeruk lemon, satu sendok makan madu, dan air hangat.

Hilangkan Jerawat

 Bagi kamu yang resah karena masalah jerawat, caranya gampang kok.

Parut jahe, kemudian tempelkan pada bagian yang berjerawat. Kandungan zat dalam jahe mampu menghilangkan jerawat serta dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

Membantu Lawan Infeksi

Jahe dapat menurunkan resiko infeksi. Contohnya, jahe memiliki zat bioaktif yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai tipe bakteri. Misalnya bakteri di mulut yang dapat menyebabkan radang gusi seperti peridontitis dan gingivitis.

Jahe juga bermanfaat untuk kesehatan sistem pernapasan. Herba ini dapat melawan virus RSV atau respiratory syncytial virus yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan mulai dari flu hingga bronkitis, terutama pada anak-anak.

Menormalkan Kembali Komposisi Darah

Menurut penelitian, konsumsi jahe secara teratur dapat menormalkan kadar kolesterol dan gula darah. Hal ini juga bisa mengurangi risiko komplikasi potensial. Apalagi jahe membantu mengurangi pembentukan gumpalan darah dan tekanan darah tinggi.

Caranya, kamu bisa merebus beberapa rimpang jahe dengan batang kayu manis, biarkan hingga dingin, dan minum 2-3 kali sehari.

Menurunkan Stres

 Minum wedang jahe selain bisa menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga bisa mengurangi stres loh.

Aromanya dapat membantu menurunkan stres dan ketegangan dalam tubuh maupun pikiran.

Bahkan, jahe mengandung zat bernama gingerol yang dapat membantu memberantas zat kimia berbahaya dalam tubuh, termasuk zat penyebab stres. Maka, kamu bisa mencoba meminum air panas yang dicampur jahe dan beberapa irisan jeruk lemon untuk mendapatkan khasiatnya.

 

Artikel Terkait

Heatlh News
Wajib Diperhatikan, Berat Badan Naik Mendadak, Bisa Jadi Tanda Dari Gejala Penyakit Ini

Selengkapnya

...

Heatlh News
Puas Makan Daging Kambing Tanpa Takut Kolesterol? Begini Caranya

Selengkapnya

...

Heatlh News
Mengapa Makan Nasi Putih Dicampur Tempe Sangat Dianjurkan?

Selengkapnya

...