Kesehatan / Heatlh News

Wajib Diperhatikan, Berat Badan Naik Mendadak, Bisa Jadi Tanda Dari Gejala Penyakit Ini

Naiknya berat badan secara tiba-tiba membuat sebagian besar dari kamu merasa risau. Meski sudah melakukan olahraga rutin maupun makan makanan sehat, tapi masih saja mengalami penambahan berat badan.

Tapi perlu diketahui, bagi kamu yang belakangan ni merasa berat badan naik secara tiba-tiba, bisa jadi hal tersebut dikarenakan beberapa faktor berikut ini.

Gangguan Tiroid

Jika kelenjar tiroid kamu tidak menghasilkan cukup hormon, kamu mungkin menderita penyakit Hashimoto atau hipotiroidisme.

Di antara banyak gejala yang terkait, penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan tingkat energi yang rendah merupakan yang paling umum.

Sangat berbahaya untuk meninggalkan konsisi seperti ini tanpa perawatan jangka panjang.  Setelah kamu didiagnosis, akan diresepkan obat untuk membantu mengimbangi tiroid yang kurang aktif. Setelah kamu menetapkan dosis yang tepat, berat badan kemungkinan akan kembali normal.

Insomnia

Agar kamu tetap sehat, dianjurkan untuk tidur setidaknya 7 sampai 9 jam setiap malam.

Patut diketahui, di mana tidur terlalu larut dapat meningkatkan rasa lapar dann nafsu makan yang akhirnya meyebabkan kamu tergoda camilan dan makanan tidak sehat di tengah malam. Yang bisa memungkinkan membuat tubuh menjadi gendut.

Depresi

Disadari atau tidak, depresi bisa memengaruhi perubahan berat badan. Entah akan kehilangan atau bisa juga bertambahnya berat badan.

Ada kemungkinan, individu yang depresi menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur dan mengalami penurunan aktivitas fisik secara bertahap sebagai hasilnya.

Mungkin juga orang tersebut dapat memiliki mekanisme koping terkait makanan untuk mengatasi masalah suasana hati mereka, seperti makan camilan tidak sehat yang tinggi kalori.

Masalah pencernaan

Ketika masalah penernaan tidak sehat seperti masalah buang air besar (BAB) tidak lancar yang menyebabkan lemak tertimbun di dalam perut sehingga mengakibatkan perut buncit dan lemak yang tertimbn tersebut meberikan angka yang drastic untuk berat badan.

Menopause

Wanita yang sudah menopause atau sudah mengalami masa tua akan sering mengalami kenaikan berat badan, kenaikan berat badan tersebut dikarenakan menurunnya hormon estrogen atau hormon wanita, dan faktor lain seperti kurang berolahraga dan gaya hidup yang tidak sehat.

 

Artikel Terkait

Heatlh News
Rasakan Manfaat Tak Terduga dari Jahe

Selengkapnya

...

Heatlh News
Puas Makan Daging Kambing Tanpa Takut Kolesterol? Begini Caranya

Selengkapnya

...

Heatlh News
Mengapa Makan Nasi Putih Dicampur Tempe Sangat Dianjurkan?

Selengkapnya

...