Dapur / Resep Ku

Resep Kue Cucur Gula Merah Ala Rumahan Dijamin Empuk!

kue cucur gula merah

Siapa sih yang enggak doyan jajanan pasar?

Hampir setiap orang pasti punya jajanan pasar favoritnya masing-masing. Salah satu jenis jajanan pasar yang amat sangat digemari adalah cucur. Kue berwarna kecokelatan dengan tekstur berserat ini memilih aroma gula merah yang harum. Apalagi kalau baru matang, rasanya nikmat!

Karena sekarang ini cucur sulit ditemukan, lebih baik anda membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa menjadikan jajanan pasar ini sebagai camilan disaat weekend sambil berkumpul bersama keluarga.

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu/ Gandum
  • 250 gr tepung beras
  • 200 gr gula merah
  • 200 gr gula putih
  • Minyak goreng baik SunCo secukupnya untuk menggoreng
  • Air secukupnyasesuaiadonan yang diinginkan
  • Kesumba kuning
  • Secubit garam

Cara Membuat:

  1. Panaskan atau cairkan gula merah dengan menggunakan sedikit air agar cepat mencair dan bila dirasa gula merah kurang berwarna merah, masak dengan waktu yang lebih lama, agar gula merah tampak sedikit hitam. Bila sudah caramel, tambahkan air dandinginkan.
  2. Campurkan tepung gandum dan tepung terigu kemudian tambahkan gula merah yang sudah didinginkan. Saring supaya korotan dari gula merah tidak terikut.
  3. Tambahkan air aduk rata, lalu tambahkan gula putih, sedikit kesumba, dan secubit garam.
  4. Panaskan penggorengan/ wajan, lalu panaskan minyak goreng baik SunCo secukupnya. Ingat, minyak tidak boleh kebanyakan atau kurang, karena jika kebanyakan nantinya cucur akan menjadi gepeng dan kalau terlalu sedikit, cucur akan mengecil.
  5. Bikin adonan cucur itu memang susah-susah gampang. Susah kalau kemanisan atau kurang manis yang ada cucur justru menjadi gagal.
  6. Adonan juga tidak boleh kekentalan atau kecairan cukup seperti susu kental manis dan bila dituang ke atas atau ke bawah dengan menggunakan sendok tetesan adonan cucur jatuh nyaring dan akhir dari tetesan cucur seperti air menetes.
  7. Diamkan adonan selama 1 sampai 2 jam lamanya.
  8. Setelah di diamkan, adonan cucur pun siap digoreng.

Selamat mencoba di rumah ya Ibu Baik SunCo..

Artikel Terkait

Resep Ku
Resep Rumahan Bikin Kentang Goreng Tepung Senikmat Restoran

Selengkapnya

...

Resep Ku
Kreasi Churros Dengan Taburan Milo

Selengkapnya

...