5 Manfaat Konsumsi Granola Bagi Kesehatanmu

Pernah coba konsumsi jenis makanan satu ini? Granola adalah salah satu olahan dari kacang-kacangan, gandum serta buah kering dan biasanya dicampur dengan bahan tambahan seperti pemanis alami, madu dan minyak. Teksturnya yang renyah dihasilkan karena prosesnya dengan cara dipanggang. 

Granola semakin digemari karena bisa dijadikan opsi untuk sarapan karena praktis dan mudah disajikan. Sarapan dengan granola adalah pilihan tepat bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk menyediakan menu berat di pagi hari. Cukup tuangkan susu atau dengan campuran yoghurt kamu akan mendapatkan menu sarapan sehat dan membuat kenyang. 

Manfaat apa yang sebenarnya tubuh dapatkan ketika sering konsumsi granola secara rutin? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Semakin berenergi untuk mulai beraktivitas

Dengan sarapan yang tepat akan berguna menambah energi kamu sebelum beraktivitas. Olahan dari gandum ini memiliki kandungan energi yang cukup tinggi untuk penuhi kebutuhan harianmu. Selain menambahkan yoghurt, bisa juga tambahkan potongan buah yang kamu sukai agar sarapan semakin nikmat.

2. Bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ternyata bukan hanya kaya akan energi tetapi granola memiliki kandungan serat serta vitamin C dan vitamin E. Kandungan dari kedua vitamin bersifat antioksidan sehingga mampu melawan radikal bebas dan bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Konsumsi granola akan bantu bakteri probiotik berkontribusi secara aktif bagi terbentuknya sistem kekebalan tubuh tersebut.

3. Baik untuk sistem pencernaan dan bantu kontrol berat badan

Kandungan serat yang dihasilkan dari granola sangat baik untuk melancarkan sstem pencernaan. Dimana seperti kita ketahui kandungan serat sangat baik bagi pencernaan. Ada dua jenis serat dalam granola yaitu serat tidak larut dan serat larut. Serat larut bermanfaat memberikan nutrisi bagi probiotik (bakteri baik) dalam usus, sehingga metabolisme tubuh akan menjadi lebih baik. Lalu untuk serat tidak larut memiliki manfaat dalam melancarkan sistem pembuangan yang terjadi saat pencernaan. Selain baik untuk pencernaan kita, ternyata juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Granola yang kaya akan serat membuat perut terasa mudah kenyang lebih lama, sehingga membantu kita untuk mengatur pola makan.

4. Menjaga kulit tetap terawat

Seperti yang sudah disebutkan bahwa terdapat kandungan vitamin E pada granola. Vitamen E yang bersumber dari kacang-kacangan ini bermanfaat untuk cegah penuaan, kerutan bahkan kulit terbakar. Sehingga selain sehat menyehatkan tubuh, juga menyehatkan kulit.

5. Kaya akan protein nabati

Manfaat granola yang bisa kita rasakan juga yaitu terdapat protein nabati yang dihasilkan oleh kacang-kacangan. Paduan antara kacang dengan gandum menjadikan granola sebagai makanan penuh protein nabati. Bisa jadi opsi bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi protein hewani.

Yuk, cobain sarapan penuh manfaat dengan semangkuk granola!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved