5 Tips Cerdas Agar Belanja Jadi Tidak Boros

Istilah “lapar mata” sering sekali dialami oleh sebagian besar dari kamu pastinya. Saat jalan-jalan ke tempat belanja, niat awal untuk sekedar lihat-lihat saja malah berujung memborong barang yang justru tidak dibutuhkan.

Bagi kamu yang pernah mengalami hal tersebut, pasti merasakan budget belanja jadi membengkak hingga gaji selalu habis sebelum akhir bulan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu mengikuti cara sederhana berikut ini agar pemasukan dan pengeluaran bisa lebih terkendali.

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang berbeda. Namun tak sedikit faktor seperti lingkungan pekerjaan, hingga kondisi lingkungan yang membuat kamu kesulitan untuk membedakan kedua hal ini. Untuk itu sebelum belanja, sebaiknya pahami dulu seberapa butuh kamu dengan barang yang hendak dibeli.

Apabila kamu masih ada barang yang sama dengan yang mau dibeli dan masih layak digunakan, artinya barang tersebut hanya keinginan semata. Beri jeda 10 detik sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, tanyakan pada diri sendiri dalam 10 detik, apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau kamu cuma ingin memilikinya saja.

Tulis daftar barang yang ingin dibeli

Sebelum berbelanja ada baiknya kamu membuat daftar belanjaan yang hendak dibeli, sehingga saat sampai di supermarket kamu tidak membeli barang yang sifatnya tidak begitu mendesak. Dengan demikian kamu akan lebih terbantu untuk mengontrol diri dalam membelanjakan uang sesuai kebutuhan.

Batasi jumlah uang tunai di dompet

Banyaknya jumlah uang tunai di dompet bisa membuat kamu lebih muda untuk membelanjakannya. Maka dari itu, usahakan untuk membawa uang secukupnya sesuai daftar belanja yang sudah dibuat sebelumnya.

Hal ini tentu saja bertujuan agar kamu lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan yang menjadi prioritas. Selain itu, membawa uang terlalu banyak juga bisa memancing kejahatan, jadi ada baiknya jika bawa uang secukupnya saja, selain tidak membuat boros juga membuat kamu terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Bandingkan Harga

Membandingkan harga barang di sejumlah toko penting ternyata dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik. Malas membandingkan harga hanya akan membuat uang kamu habis untuk barang yang seharusnya bisa didapatkan dengan lebih murah.

Catat daftar pengeluaran belanja

Mencatat pengeluaran belanja juga tak kalah penting untuk dilakukan agar dapat menjadi suatu kebiasaan. Sebab dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa tahu kemana saja perginya uang yang kamu habiskan. Kamu juga bisa tahu kebiasaan belanja yang sering dilakukan dan memprediksi pengeluaran belanja apa saja yang bisa ditek an di kemudian hari.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact