9 Cara Mencegah Rambut dari Kusut

Bagi wanita tentu menjengkelkan ya jika harus berurusan dengan kondisi rambut kusut. Ironisnya, hal ini sering terjadi setelah bangun tidur. Apalagi bagi kamu pemilik rambut kering dan rusak. Untuk mengatasinya, coba lakukan beberapa cara berikut ini:

Sisir Sebelum Keramas

Sebelum keramas sebaiknya sikat rambut menggunakan sisir begigi lebar atau sikat dengan bulu berujung pelastik. Ini akan membantu mencegah rambut jadi kusut setelah dicuci.

Menyisir rambut sebelum keramas juga akan mencegah rambut rontok, karena akan lebih sulit mengaturnya saat dalam kondisi basah. Seperti yang diketahui menyisir rambut dalam kondisi basah bisa menyebabkan rambut jadi rontok.

Selain itu, sisir rambut di pagi hari dan sebelum tidur untuk menghindari rambut jadi kusut.

Sisir Bergigi Lebar

Gunakan sisir bergigi lebar yang dibuat dari bahan alami, seperti kayu. Ini akan meminimalkan penumpukan energi statis, sehingga rambut akan tetap halus dan lembut.

Pakai Kondisioner

Biasakan untuk menggunakan kondisioner sehabis keramas. Sebab kondisioner bisa membuat rambut menjadi lembut, sehingga meminimalisir kerontokan. Gunakan kondisioner secara benar, yaitu hanya pada batang dan ujung rambut. Jangan sampai mengenai kulit kepala. Sebab, akan menyebabkan area tersebut kotor dan makin berminyak.

Oleskan Minyak

Setelah membilas rambut, oleskan sedikit minyak pada ujung rambut. Ini penting untuk mengunci kondisioner yang sudah dioleskan, sekaligus membantu menghaluskan dan mengendurkan ujung-ujung rambut. Dengan begitu rambut tidak akan kusut.

Keringkan Secara Alami

Sebaiknya biarkan rambut kering dengan sendirinya atau secara alami. Ini memang membutuhkan waktu lebih lama, tetapi bisa membuat rambut jadi lebih mudah diatur dan lebih baik.

Kalau memang membutuhkan alat pengering rambut atau hair dryer, sebaiknya setel pada suhu rendah agar tidak menyebabkan rambut rusak.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact