Ani Yudhoyono Terkena Leukimia atau Kanker Darah, Kenali Ciri dan Gejalanya

Mantan Ibu Negara Indonesia, Ani Yudhoyono, belum lama ini diberitakan mengidap kanker darah atau leukimia dan harus menjalani pengobatan intensif  di National University Hospital Singapura sejak 2 Februari 2019. Hal ini pun membuat sejumlah masyarakat terkejut tak terkecuali sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang terlihat tegar dan setia menemani sang Istri menjalani pengobatan di Singapura.

Berbicara mengenai kanker darah, sebetulnya kanker darah sendiri ada banyak jenis dengan gejala yang sulit untuk dikenali karena tidak memiliki ciri yang khas. Meski begitu, penting  bagi kamu untuk mewaspadai setiap perubahan tubuh yang kamu alami untuk membantu mendeteksi penyakit ini.

Nah, untuk memahami seperti apa kanker darah seperti apa dan bagaimana gejala atau ciri-ciri dari penyakit ini, berikut diantaranya:

Darah sulit membeku

Kanker darah terjadi karena sel-sel kanker meyerang trombosit darah yang penting untuk proses pembekuan darah. Hal ini yang membuat pengidap kanker darah sering mengalami pendarahan.

Umumnya jika seseorang terluka, maka darah yang keluran akan segara menggumpal dan aliran darah pun akan segera berhenti. Namun, jika yang terluka dan berdarah adalah penderita leukimia, maka aliran darah akan sangat sulit dihentikan.

Jika dilihat, darah yang dikeluarkan pun tidak berwarna merah pekat, melainkan berwarna merah muda.

Sering berdarah dan memar

Gejala kanker darah lainnya yang paling umum adalah sering mengalami pendarahan dan memar di bagian tubuh akibat kekurangan trombosit. Rendahnya tingkat trombosit dalam tubuh mengakibatkan keterlambatan pembekuan darah. Tak jarang, muncul bintik-bintik merah atau bahkan keunguan yang disebut petechiae akibat adanya pendarahan minor di dalam kulit.

Rentan terkena infeksi

Kanker darah terjadi karena sel darah putih berkembang abnormal. Akibatnya tubuh jadi rentan terserang berbagai macam kuman yang tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Hal ini yang mengakibatkan tubuh jadi mudah terkena infeksi dan sering alami demam dengan kenaikan suhu mencapai lebih dari 38 derajat Celsius.

Nyeri sendi

Penderita kanker darah biasanya sering merasakan nyeri pada persendian atau di bagian tulang bekalang. Bahkan rasa nyeri yang luar biasa ini bisa membuat penderita mengalami demam tinggi. Selain nyeri, orang dengan kanker darah juga sering merasakan nyeri di bagian perut akibat organ hati atau limpa mengalami pembengkakan.

Anemia

Anemia adalah salah satu gejala leukemia. Pasalnya anemia terjadi karena seseorang kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itu, penderita leukemia umumnya mengalami anemia yang menyebabkan seseorang mengalami sesak napas, warna kulit pucat, lemah, letih, dan lesu.

Gejala Lainnya

Gejala kanker darah lainya yang bisa kamu ketahui adalah seperti sering mimisan, peradangan gusi, mual, demam, menggigil, sakit kepala, nafsu makan menurun, penurunan berat badan secara drastis, muncul darah dalam tinja atau muntah, dan keringat berlebih di malam hari.

Demikian beberapa gejala dari kanker darah yang bisa kamu ketahui. Apabila kamu memiliki gejala seperti di atas ada baiknya segera periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan pengobatan yang tepat.  

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact