Bahaya Menggunakan Alat Makan Melamin

Perlengkapan dapur bisa terbuat dari bahan apa saja. Tak terkecuali, melamin. Tak mudah pecah, menjadi alasan bagi ibu rumah tangga dengan anak kecil di rumah. Tapi tanpa disadari, ternyata pemilihan bahan alat makan cukup penting bagi kesehatan.

Pasalnya, bahan yang menurut kamu aman, belum tentu kenyataannya seperti itu. Ternyata ada bahaya melamin pada piring dan gelas yang kamu gunakan sehari-hari.

Bahan dasar melamin sendiri tersebut dari beberapa senyawa kimia organik yang mempunyai rumus kimia C3H6N6, yang artinya mempunyai sifat mengendap atau tidak bisa larut dalam air. Hal ini jelas berbahaya bagi kesehatan.

Berikut dampak buruk yang perlu kamu ketahui dari penggunaan alat makan berbahan melamin:

  1. Zat melamin yang terhirup bisa menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan salah satunya adalah sesak napas. Terlebih jika melamin yang dihirup berbentuk bubuk atau serbuk yang bisa mengakibatkan kerusakan hati dan keracunan di dalam darah.
  2. Dapat menyebabkan iritasi jika terkena kontak langsung ke mata.
  3. Melamin yang tertelan dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan, mual, muntah, dan diare. Bahkan dapat menyebabkan berkurangnya urin sehingga ginjal jadi rusak.

Sementara ini, kandungan melamin pada piring tidak dianggap sangat bagi orang dewasa. Namun, jika terpapar dengan senyawa kimia lain bisa menyebabkan batu ginjal serta gagal ginjal pada bayi.

Selain itu, kebanyakan alat makan atau piring melamin mengandung sejumlah kecil zat formaldehida dan zat karsinogen yang berbahaya jika terserap oleh tubuh. Sehingga suhu panas pada makanan menyebabkan zat resin melamin formaldehida pada piring memuai dan menyebar pada seluruh makan dan racunnya mengendap mengikat masuk meresap dengan cepat ke dalam makanan.

Penggunaan alat makan melamin akan aman, jika..

Secara umum, produk melamin aman bila digunakan dengan benar. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah dengan meletakkan piring melamin di microwave dan buang piring atau peralatan melamin yang retak, tergores, atau pecah.

Kamu bisa menggunakan alternatif lain yang lebih aman, seperti menggunakan piring atau peralatan makan yang berbahan keramik atau kaca untuk menghindari bahaya yang disebabkan oleh kandungan melamin.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact