Beberapa Kesalahan Saat Mengolah Daging Ayam yang Sering Dilakukan

Beberapa Kesalahan Saat Mengolah Daging Ayam yang Sering Dilakukan – Daging ayam merupakan salah satu menu masakan yang paling banyak digemari oleh kebanyakan orang. Rasanya yang gurih, sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai macam makanan lezat dan menggugah selera. Misalnya saja, seperti ayam panggang, chicken, opor, hingga chicken katsu.

Meski disukai oleh banyak orang, namun tak sedikit yang tahu bagaimana cara mengolah daging ayam dengan tepat. Salah satunya adalah memotong daging ayam yang mengikuti serat daging. Padahal kalau kamu memotong daging searah dengan alur seratnya, justru akan membuang daging menjadi  alot.

Baca Juga :

Selain itu, masih banyak lagi kesalahan-kesalahan lain yang sering dilakukan saat mengolah daging ayam. Apa saja?

Tidak langsung memasukan daging ayam ke dalam kulkas

Jika kamu habis membeli ayam, sebaiknya langsung masukkan ke kulkas, sebab kalau terlalu lama menaruh ayam di atas meja, daging bisa mengembangkan bakteri berbahaya.

Jika dikonsumsi, bakteri yang dikembangkan oleh daging tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit bawaan alias mengakibatkan keracunan makanan.

Jadi, simpan ayam di lemari es segera mungkin usai berbelanja.

Menyimpan dengan cara yang salah

Daging ayam tidak bisa ditempatkan di mana saja, meski kamu menyimpannya di lemari es. Cairan dari daging bisa merembes di luar wadahnya, yang bisa mengontaminasi makanan lainnya. Sebaiknya, kamu menyimpan ayam di atas piring. Lalu, tutup dan simpan di rak kulkas paling bawah.

Mencuci ayam sebelum memasaknya

Sebaiknya, kamu tidak mencuci ayam yang hendak dimasak. Mencucinya, terutama dengan cara dibilas, justru menyebabkan bakteri pada ayam menyebar dan melekat di permukaan sekitar.

Jadi, lebih baik kamu langsung menggorengnya atau memasaknya dengan suhu yang tepat.

Mencampur daging ayam mentah dengan bahan lainnya

Bagi kamu dengan kebiasaan menempatkan potongan daging ayam mentah di tempat yang sama dengan bahan makanan lainnya, nyatanya bisa membahayakan kesehatan. Bakteri pada daging ayam bisa menyebar dan mencemari bahan makanan lainnya.

Jadi, kamu harus menghindari menempatkan ayam mentah di dekat bahan yang belum dimasak.

Memakai kembali alat yang telah bersentuhan dengan daging mentah

Jangan pernah menggunakan alat yang telah bersentuhan dengan daging ayam mentah untuk memasak makanan lainnya.

Alat yang telah bersentuhan dengan daging ayam mentah berisiko tercemar salmonella. Jadi, kamu harus mencuci seluruh bagian yang telah bersentuhan dengan daging ayam usai memakainya.

Memberi bumbu dengan cara yang salah

Membaluri ayam dengan bumbu akan membuatnya terasa nikmat. Selain itu, ini adalah cara termudah agar supaya daging lebih empuk. Namun, merendam ayam dengan bumbu terlalu lama bisa membuat daging ayam tercemar bakteri.

Bakteri akan tumbuh lebih baik dalam suhu hangat. Selain itu, jangan gunakan kembali bumbu yang sudah bersentuhan dengan daging mentah.

Lebih baik kamu merendam ayam dengan bumbu dalam kantong plastik atau wadah tertutup lainnya di kulkas.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact