Begini Cara Mudah Mengetahui Tingkat Kematangan Daging

Membuat menu sajian daging susah-susah gampang, pasalnya hal utama yang harus diperhatikan saat mengolah daging adalah tingkat kematangannya. Penampilan daging yang tampak sudah matang, terkadang masih mentah di bagian dalam. Untuk menghindari hal tersebut, kamu  bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk memastikan apakah daging yang diolah betul-betul sudah matang sempurna.

Tusuk Daging

Cara ini bisa kamu lakukan untuk memastikan tingkat kematangan daging ayam. Tusuk daging ayam, lihat bagian dalamnya. Daging ayam yang sudah matang, biasanya warna kemerahannya akan hilang.

Cek Ukuran

Untuk mengetahui tingkat kematangan daging kamu bisa melihatnya dengan cara mencek ukuran. Daging yang telah matang akan menyusut, sehingga ukurannya lebih kecil dibanding saat mentah.

Ukur dengan Termometer Daging

Menentukan tingkat kematangan daging bisa kamu ketahui dengan menggunakan termometer khusus untuk daging. Ini merupakan cara paling akurat. Suhu matang daging sapi dan domba adalah 63 derajat Celcius. Sedangkan daging cincang 71 derajat Celcius, daging unggas matang pada suhu 74 derajat Celcius.

Perlu diketahui, jangan sampai termometer mengenai tulang, sebab tulang bisa memberikan suhu palsu.

Cek Kekenyalan Daging

Kamu bisa mencek tingkat kekenyalan daging dengan menggunakan jari tangan. Ini merupakan cara yang membutuhkan keterampilan dan latihan. Kenyalnya daging mentah akan terasa seperti pada saat kamu mencubit lengan. Daging setengah matang, akan terasa seperti saat kamu menekan-nekan ringan ujung jari tengah menggunakan ibu jari.

Sedangkan daging yang sudah matang terasa seperti saat kamu mempertemukan ujung ibu jari dan kelingking. Intinya, daging mentah lebih kenyal dibandingkan dengan daging matang.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact