Begini Cara Pilih Pisang yang Tepat Sebelum Membelinya!

Mengonsumsi pisang bisa menjadi alternatif untuk terus memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari bagi tubuh. Pisang memiliki kandungan zat bernama TNF atau Tumor Necrosis Factor. Kandungan zat ini dapat melawan sel-sel abnormal yang ada di dalam tubuh kita. Pisang dengan konsisi terbaik untuk bisa dikonsumsi adalah pisang yang sudah matang sepenuhnya atau memiliki bintik hitam di bagian kulitnya. 

Zat TNF banyak terdapat dalam pisang yang memiliki bintik-bintik kecil di bagian kulitnya, maka hal itu yang membuat semakin bagus kualitas dari pisang tersebut. Lalu selain itu, bagaimana cara mengetahui secara tepat kondisi pisang yang baik untuk kita beli? Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Perhatikan warna kulit pisang

Jika kamu ingin memakan atau mengolah pisang sesegera mungkin, maka pilih pisang berwarna kuning cerah dan tidak terdapat warna hijau di sekelilingnya. Jika permukaan masih terlihat hijau, tanda bahwa pisang belum matang dan rasanya akan pahit.

Ada bintik cokelat muda yang juga sebagai kode bahwa pisang telah matang. Hindari membeli pisang dengan warna cenderung abu-abu atau gelap karena pisang tidak matang sempurna dan terlalu lama berada dalam kulkas.

  • Cek dengan tekan perlahan dan raba

Metode ini cukup efektif yaitu dengan meraba dan menekan kulitnya. Pisang yang matang sempurna biasanya memiliki teksur kenyal dan empuk. Kulitnya cenderung mulus dan halus, jika terasa kesat maka belum bisa dimakan. 

  • Hindari mengambil pisang yang memiliki memar

Jika bintik pada kulit tidak lebar besar dan hanya bintik-bintik kecil itu termasuk hal yang wajar. Namun, bila terlihat bintik hitam besar berwarna gelap, seperti memar dan terlihat kusam tandanya pisang terlalu matang dan hampir membusuk. Sehingga jika tetap dikonsumsi rasa pisang sudah tidak segar lagi.

  • Cium aroma pisang

Pisang yang telah matang memiliki aroma tajam cenderung manis. Kamu bisa mencium atau mengendus bagian ujung bawah pisang.

Tips bila pisang belum mau dikonsumsi, sebaiknya pilih yang belum matang. Sebab pisang adalah buah yang cepat matang. Sekarang kamu sudah bisa membeli buah pisang dengan lebih teliti karena telah mengetahui perbedaannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk rutin konsumsi buah-buahan ya!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved