Begini Cara Tepat Bersihkan Kompor Berminyak

Salah satu hal yang paling menyebalkan ketika hendak memasak adalah melihat kompor dalam keadaan kotor. Cipratan minyak saat memasak memang kerap kali meninggalkan noda pada kompor. Selain membuat kotor, jika kamu mengabaikan noda minyak pada kompor, lama-kelamaan akan menjadi kerak yang membuat kamu tentunya semakin susah untuk membersihkan kompor kembali kinclong.

Ada baiknya jika kamu rutin membersihkan kompor setelah memasak atau minimal dua kali dalam sebulan.Berikut cara yang tepat untuk membersihkan kompor dari noda minyak.

Amonia dan Baking Soda

Bahan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda minyak membandel pada kompor adalah dengan menggunakan baking soda.

Lepaskan tungku terbuka dan rendam dalam ¼ cangkir anomia selama beberapa jam. Kenakan sarung tangan saat kamu membersihkan tungku dengan larutan ammonia. Selanjutnya bilas dengan air.

Taburkan baking soda di atas kompor, kemudian semportkan air panas di atasnya.Tunggu selama 30 menit dan kemudian gosok untuk menghilangkan minyak. Hapus bagian yang dapat dilepas dari kompor dan rendam air dalam sabun hangat selama satu jam. Gosok dengan sikat gigi tiap bagian tersebut.

Setelah itu mulai masing-masing bagian tersebut. Tapi pastikan bagian-bagian tersebut benar-benar kering sebelum kamu gunakan kembali untuk memasak.

Jeruk Nipis dan Cuka Apel

Kandungan asam dalam jeruk nipis dan cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan noda minyak yang membandel pada permukaan kompor. Cukup teteskan cuka apel pada permukaan kompor secara merata dan diamkan selama beberapa saat.

Setelahnya,  kamu bisa membersihkan menggunakan lap basah dan keringkan menggunakan lap kering. Jika kamu tidak memiliki cuka apel, kamu bisa menggunakan jeruk nipis yang dipotong menjadi dua. Kemudian gosok secara merata pada seluruh bagian kompor. Dan lihat hasilnya!

Tepung Terigu

Bersihkan noda cipratan minyak pada kompor dengan menggunakan terigu. Jangan menggunakan lap atau kain basah, hal tersebut akan membuat minyak semakin menyebar keseluruh permukaan kompor.

Kamu bisa menggunakan tepung terigu dengan cara menaburkannya pada bagian yang terkena noda minyak. Setelah itu bersihkan tepung terigu hingga bersih. Noda minyak pada kompor pun dijamin akan hilang tanpa menyebar kemana-mana.

Membersihkan noda minyak pada kompor sebenarnya hal yang mudah, asalkan kamu tahu cara tepat untuk menghilangkannya. Buat kondisi kompor selalu bersih, selain akan membuat mu nyaman saat memasak, juga memelihara daya tahankompor jadi lebih awet.

Selamat mencoba ya!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact