Berapa Banyak Buah yang Bisa Dimakan Si Kecil ?

Si kecil senang makan buah?

Meski buah bisa jadi sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan si kecil, tapi ternyata ada porsinya, lho. Lantas, berapa banyak porsi buah yang harus dimakan si kecil dalam sehari? Simak penjelasannya berikut ini.

Sebaiknya anak dalam usia 1-9 tahun membutuhkan asupan serat sebanyak 16-26 gram setiap hari. Kebutuhan serat dapat diperoleh dari makanan seharih-hari, terutama dari sayuran dan buah-buahan.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, disarankan untuk makan buah dengan jumlah berikut:

  • 2-3 tahun: 175 gram buah atau setara dengan 1 potong besar pepaya
  • 4-8 tahun: 175-260 gram buah, atau setara dengan 2 buah jeruk
  • 9-13 tahun: 260 gram buah, atau setara dengan 4 buah stroberi berukuran besar.

Berikan si kecil buah-buahan dengan warna, bentuk, dan tekstur yang bervariasi sesuai usai dengan jenis yang disukainya. Buah-buahan ini dapat berbentuk segar, beku, jus, atau kalengan. Akan tetapi, konsumsi buah dalam bentuk segar lebih disarankan.

Ibu Baik SunCo dapat membiarkan si kecil men  coba berbagai jenis buah tanpa perlu merasa cemas konsumsinya akan berlebihan. Cukup pastikan bahwa si kecil mengonsumsi buah-buahan segar melalui tips berikut:

  • Berikan si kecil buah-buahan dalam bentuk utuh, bukan jus. Jus buah memang praktis dan lezat, namun minuman tersebut mengandung gula atau pemanis yang tidak diperlukan.
  • Jika si kecil ingin mengonsumsi jus buah, maka buatlah sendiri tanpa memberikan tambahan seperti gula ataupun krimmer kental manis.
  • Cucilah buah-buahan sebelum dikonsumsi. Ini penting, sebab untuk mencegah kontaminasi bakteri dan pestisida pada buah.
  • Simpanlah buah-buahan di rumah dengan baik agar si kecil bisa menjadikannya camilan yang sehat.

Semua jenis buah tentunya mengandung vitamin dan nutrisi yang menyehatkan. Oleh karenanya, variasi sangatlah penting. Kenalkan si kecil pada berbagai macam buah-buahan agar ia tak hanya makan satu jenis buah yang sama. Sehingga si kecil dapat beragam vitamin yang dibutuhkan tubuh!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved