Buah yang Paling Baik Dikonsumsi saat Sahur dan Buka Puasa

Selama bulan Ramadhan ini tentu kamu harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai tubuh yang kurang sehat mengganggu ibadah puasamu di bulan Ramadhan. Pasalnya, tidak makan selama berjam-jam bisa membuat kamu rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi, kulit dan bibir kering, sembelit, sakit kepala, hingga kram perut.

Nah, salah satu cara terbaik untuk menghindari beragam masalah tersebut adalah dengan memperbanyak makan buah saat sahur dan juga berbuka. Tapi kira-kira apa saja jenis buah yang sebaiknya kamu konsumsi selama bulan Ramadhan?

Semangka

Semangka bisa menjadi pilihan buah yang baik dimakan saat sahur maupun berbuka. Buah semangka mengandung 91% air yang bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan melembapkan kulit. Semangka juga kaya akan antioksidan likopen yang melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat serangan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi lingkungan.

Semangka juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa, jika kamu makan semangka sebagai pencuci mulut saat sahur.

Stroberi

 Sama seperti semangka, buah stroberi juga mengandung 91% air yang mampu mencegah dehidrasi. Stroberi juga termasuk buah yang kaya akan vitamin C yang mampu menjaga stamina, kesehatan kulit, mata, sampai serangan jantung.

Saat menjalani ibadah puasa, tak heran kalau kamu bengong dan sulit konsentrasi, hal ini dikarenakan otakmu kekurangan asupan nutrisi dan gula darah. Makan stroberi di saat sahur dan berbuka bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Nah, maka dari itu untuk tetap fokus dan konsentrasi selama puasa sering-seringlah mengonsumsi buah stroberi.

Jeruk

Buah yang tidak kalah menyehatkan lainnya adalah jeruk. Buah yang kaya akan vitamin C ini bisa membantumu mencegah rasa lemas dan lesu selama berpuasa.

Vitamin C, vitamin A, tembaga, dan folat yang ada pada buah jeruk memicu produksi sel darah putih yang berperan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, untuk tetap menjaga kesehatan selama berpuasa jangan malas untuk mengonsumsi buah yang satu ini ya. Kamu bisa mengonsumsi di saat sahur maupun berbuka puasa.

Alpukat

Buah yang kaya akan lemak sehat dan protein nabati yang mengenyangkan ini termasuk salah satu buah yang paling sehat untuk jantung, karena lemak sehat dari buah hijau legit ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung vitamin E yang membantu melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Manfaat vitamin E sudah dikenal lama bisa menjaga kulit tetap kenyal dann lembap, yang sangat menguntungkan selama berpuasa.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact