Cara Bersihkan Kerak Pada Oven Agar Kembali Kinclong

Oven merupakan salah satu peranti masak yang jarang digunakan tapi mudah kotor dan bau. Jika tumpukan noda serta kotoran yang terdapat di dalam oven dibiarkan begitu saja, hal tersebut bisa mengakibatkan karat pada oven.

Maka dari itu kamu perlu membersihkan oven segera setelah menggunakannya. Jangan malas, sebab bisa menyebabkan oven menjadi mudah rusak. Sekalipun tidak digunakan, oven harus tetap dibersihkan, ya!

Cara membersihkan oven yang paling mudah adalah dengan menggunakan pembersih kimia, tapi penggunaan bahan kimia pada oven, malah akan membuat lempengan besi pada oven mudah berkarat dan juga meninggalkan aroma tak sedap yang bisa memengaruhi kelezatan makanan.

Sebaiknya gunakan bahan pembersih alami, seperti baking soda. Salah satu bahan untuk membuat kue yang satu ini ternyata bisa kamu gunakan sebagai pembersih oven. Berikut ini cara membersihan oven yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan oven agar kembali kinclong.

Bagian Dalam Oven

Membersihkan oven harus dimulai dari dalam. Mulailah dari dinding dan rak oven. Bagian-bagian ini sangat mungkin kotor karena selama memanggang kue, terjadi penguapan makanan yang langsung menempel di seluruh bagian oven.

Akan menjadi sulit apabila oven sudah lama sekali tidak dibersihkan, kamu bisa melakukan hal berikut ini.

  1. Panaskan terlebih dahulu oven 10-15 menit dengan temperature sedang saja. Setelah panas, keluarkan rak. Bersihkan dengan sikat langsung selagi panas. Untuk rak, direndam di dalam air panas yang sudah diberi sabun cuci piring pun boleh. Lalu sikat sampai bersih selagi masih panas.
  2. Rak yang sudah bersih harus ditiriskan sampai kering lalu dilap sampai ke bagian ujung-ujungnya.
  3. Matikan oven lalu bersihkan dinding dan bagian bawah oven. Kamu bisa membersihkannya dengan cara disikat atau menggunakan busa cuci piring kalau tidak terlalu kotor. Selama pembersihan ini harap dijaga agar air tak menetesi tungku.
  4. Langkah berikutnya, lap seluruh permukaan yang habis disabuni tadi dengan lap kering, menyusul dengan lap yang sudah dibasahi. Lanjutkan dengan mengeringkannya dengan lap kering kembali.
  5. Perhatikan lap, sikat, atau busa spons harus dalam keadaan bersih betul sebelum digunakan. Di antara waktu pembersihan tersebut, spons atau sikat juga harus dibersihkan.
  6. Bagian makanan yang sudah terlanjur tumpah dan menempel hingga menjadi kerak, harus diberishkan dengan amplas.

Tetapi jaga agar cat tidak mengelupas. Jika cat mengelupas, dinding oven segera akan menjadi keropos.

Bagian Tungku

Bagian yang satu ini kerap tersumbat karena itu harus disikat juga. Tapi bagian ini memang agak sulit untuk membersihkannya. Jangan sampai malah merusaknya. Karena itu, jika tidak yakin lebih baik kamu meminta bantuan pada service oven untuk membersihkannya.

Jikaingin membersihkannya kembali, pastikan letak tungku mudah dijangkau sehingga pembersihannya mudah dilakukan.

Bagian Luar

Bagian luar oven juga harus kamu bersihkan, bila perlu setiap hari, baik itu dipakai atau tidak. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap lembut yang basah. Bila berminyak, cuci dengan spons busa cuci piring. Wajib sekali, sehabis mencuci sabun, selalu lap dengan lap kering, lap basah, lalu lap kering lagi.

Sebab, sisa sabun yang menempel pada bagian luar oven justru akan menimbulkan bercak-bercak pada bagian luar oven.

Nah, demikian cara membersihkan oven yang bisa kamu lakukan di rumah. Membersihkan oven nyatanya tidak terlalu sulit bukan? Dengan rajin membersihkan oven, sama saja kamu merawatnya secara berkala agar lebih awet dan tahan lama. Yuk, rawat oven mu agar tidak berkarat!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved