Cara Bersihkan Peralatan Dapur Berbahan Kayu

Saat ini tidak sedikit dari kamu yang menggunakan peralatan masak dari kayu. Dengan alasan, peralatan masak dari kayu lebih aman digunakan ketimbang berbahan pelastik yang mengandung zat kimia. Selain itu, jika menggunakan peralatan masak dari kau, penampilan dapur tentunya menjadi lebih  eksotis. Namun, walaupun begitu kamu juga perlu tahu cara membersihkan peralatan masak dari kayu, karena tidak bisa sembarangan selayaknya peralatan dapur yang terbuat dari almunium atau pelastik.

Lalu seperti apa cara benar membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari kayu?

Gunakan Pembersih Alami

Setelah kamu mencuci peralatan dapur dari kayu menggunakan sabun cuci segera bersihkan juga dengan jeruk nipis. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis dari makanan.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jeruk lemon dan garam untuk memberishkan peralatan dapur kayumu. Sering kali piring, mangkok, sendok atau garpu digunakan untuk menyajikan makanan-makanan yang beraroma kuat seperti seafood, fungsi dari lemon atau jeruk nipis dan garam di sini adalah untuk menghilangkan aroma tersebut agar tidak mengendap pada peralatan makan.

Kalau kamu menggunakan peralatan makan tersebut untuk menyajikan makanan yang berlemak atau berminyak, kamu bisa menambahkan minyak zaitun light untuk menghilangkan lemak yang menempel. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan air lemon atau jeruk nipis dengan minyak zaitun light kemudian oleskan pada kitchenware.

Rendam di Air

Peralatan berbahan kayu terkadang menjadi sulit dibersihkan setelah memakan jenis makanan seperti nasi atau oatmeal, apalagi jika sudah mengering. Untuk membersihkannya tentu kamu perlu merendamnya terlebih dulu di air agar makanan yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah.

Perlu diingat jangan pernah merendam peralatan makan dari kayu terlalu lama di dalam air, sebab akan sangat riskan jika direndam terlalu lama karena itu akan membuat kayu menjadi mudah berjamur. Sebagai tambahan, sebaiknya gunakan air hangat untuk merendam peralatan makan berbahan kayu.

Polish Food Grade

Selain menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis, lemon, dan garam, kamu juga bisa menggunakan polish untuk menjaga peralatan kayu tetap mengkilap atau glossy. Pilih polish untuk perawatan peralatan makan kayu agar tidak berbau dan tidak mengacaukan rasa makanan. Selain itu, pastikan juga polish yang kamu gunakan tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh ketika terjadi kontak langsung dengan makanan.

Untuk pengaplikasiannya, pastikan peralatan sudah benar-benar kering, lalu oleskan polish tersebut ke peralatan makan dengan menggunakna kain bersih dan kering. Setelah selesai, ada baiknya peralatan di taruh ditempat terbuka terlebih dahulu sebelum kamu simpan ke tempat penyimpanan.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan peralatan makan berbahan kayu. Semoga bisa bermanfaat yaa..

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact