Cara Melelehkan Coklat Blok dengan Minyak Goreng

Coklat kerap kali jadi sajian yang diberikan untuk mengungkapkan kasih sayang, khususnya pada hari Valentie. Dengan apapun coklat disajikan, ada langkah dasar yang hampir selalu ditemukan dalam proses pengolahan coklat, yaitu langkah melelehkan coklat.

Meski kebanyakan dari kamu pasti berpikir tidak memerlukan teknik khusus untuk melelehkan coklat. Tapi nyatanya kalau tidak menggunakan cara yang benar maka coklat akan menggumpal,berbutir, bahkan gosong.

Supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, sebaiknya ikuti cara tepat untuk melelehkan coklat beikut ini:

Menggunakan Panci Ganda

  1. Caranya, isi panci dengan air lalu didihkan air tersebut di atas kompor hingga mendidih. Setelah itu, letakkan mangkuk berisi potongan coklat di atas panci dan aduk coklat sampai meleleh. Dengan teknik ini, coklat dilelehkan dengan panas uap air yang dididihkan di dalam panci.
  2. Pastikan air dalam panci tidak masuk ke dalam coklat yang sedang dilelehkan. Jika sampai terjadi, kamu bisa menambahkan sedikit minyak goreng SunCo untuk memerbaiki coklat sehingga bisa digunakan walaupun warna coklat tidak akan lagi mengilap.
  3. Kalau coklat meleleh terlalu cepat karena api yang besar, mastikan api, dan angkat mangkuk coklat dari panci. Tambahkan beberapa potong coklat ke dalam mangkuk dan terus aduk coklat hingga suhunya agak menurun. Setelah coklat akan mendingin, lelehkan kembali coklat di atas panci. Ulangi teknik ini berulang kali sampai coklat meleleh sempurna.

Menggunakan Microwave

  1. Tentukan seberapa banyak coklat yang akan dilelehkan. Jika coklat dalam bentuk balok atau batang, sebaiknya dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil menggunakan pisau.
  2. Letakkan coklat sebanyak yang kamu inginkan ke dalam mangkuk tahan panas. Mauskkan mangkuk tersebut ke dalam microwave.
  3. Panaskan microwave pada pengaturan paling rendah selama kurang lebih 30-40 detik. Pastikann untuk mengubah pengaturan microwave serendah mungkin sebelum memasukkan coklat ke dalamnya.
  4. Aduk coklat yang meleleh dengan menggunakan sendok kayu dan masukkan kembali ke dalam microwave selama 10-15 detik. Lanjutkan memanaskan coklat dengan pengaturan panas yang paling rendah.
  5. Aduk dan masukkan kembali ke dalam microwave selama 10 detik untuk kedua kalinya sampai coklat meleleh dengan sempurna.

Selamat mencoba..

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact