Cara Mengolah Daging Kurban Agar Tak Bau Prengus dan Alot

Dibalik rasanya yang nikmat, siapa sangka daging kambing memiliki cara yang agak sulit dalam mengolahnya terutama menghilangkan aroma amis dan prengus yang menempel pada daging. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki momen Idul Adha, dimana biasanya kulkas di rumah bakal berlimpah daging hewan kurban.

Biasanya, daging kurban diolah menjadi beberapa sajian seperti gulai, sate, tongseng, dan masih banyak lagi. Selain tinggi protein, daging kambing juga mengandung zat gizi lainnya yang berguna untuk tubuh, seperti lemak, kalori, kolesterol, dan zat besi.

Tekstur dan rasa daging kambing pun lebih enak dan lezat apabila diolah dengan cara memasak yang benar. Sebab, jika salah mengolah daging kambing, biasanya daging masih akan berbau prengus dan alot saat akan disantap.

Oleh karena itu, sebelum memasak daging kambing kurban, ada baiknya mengetahui beberapa tips berikut ini:

Jangan dicuci cukup direbus

Daging kambing yang sudah disembelih ataupun kamu beli di pasar tidak perlu dicuci terlebih dahulu saat akan dimasak. Karena daging kambing ini memiliki karakteristik yang sedikit unik, maka daging cukup direbus sampai mendidih dan buang kotoran serta busa yang keluar selama proses merebusnya.

Setelah direbus, daging kambing pun bisa kamu masak dengan bumbu sop kambing, gulai, atau yang lainnya yang kamu inginkan.  

Parutan buah nanas

Kelemahan daging kambing adalah bau khas prengus kambing. Agar daging tidak  berbau, kamu bisa memanfaatkan buah nanas dengan memarutnya (sebaiknya nanas yang masih muda). Setelah itu rendam daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam parutan nanas. Pastikan semua daging terendam dalam parutannya.

Diamkan selama 10 sampai 30 menit, setelah itu daging kambing bisa kamu olah dengan beragam bumbu resep olahan yang kamu sukai.

Perlu diingat, jangan merendam terlalu lama dari waktu yang sudah ditentukan, sebab bisa menyebabkan daging kambing menjadi terlalu lembek teksturnya.

Menggunakan Daun Pepaya

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan agar daging kambing tidak alot yaitu membungkusnya dengan daun pepaya.

Pertama, cuci bersih daun pepaya atau cukup dilap dengan kain basah supaya kotoran dan debu yang menempel pada daun pepaya hilang. Bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya supaya tekstur daging tidak alot selama beberapa saat. Setelah itu daging bisa diolah seperti biasa.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact