Cara Mengolah Rebung Supaya Tidak Berbau dan Pahit

Rebung merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia. Salah satunya adalah sebagai bahan isian lumpia. Tunas bambu ini bisa juga kamu dijadikan salah satu alternatif  bahan makanan sehari-hari karena kaya akan nutrisi.  

Tapi perlu kamu perhatikan ya, dalam mengolah makanan yang satu ini sering kali kamu merasa bingung bagaimana cara menghilangkan bau tak sedapnya. Bahkan kalau salah mengolahnya, rebung bisa terasa pahit.

Agar rebung tidak berbau dan pahit, ada baiknya kamu memerhatikan tips berikut ini.

Rebus hingga empuk

Ketika baru membeli rebung, sebaiknya langsung direbus terlebih dahulu sampai empuk. Setelah itu, air rebusan rebung dibuang. Tiriskan dulu rebung yang sudah direbus, lalu cuci kembali sampai bersih.

Kukus rebung

Kalau kamu tidak ingin rebung dengan kondisi terlalu berair saat diolah, kamu bisa kukus terlebih dahulu rebungnya. Cuci rebung lalu kukus sampai cukup empuk. Dengan cara ini bau dan rasa pahit pada rebung akan hilang.

Rendam dengan air garam

Kamu bisa rebus rebung dalam air garam selama 30 menit. Kemudian cuci bersih. Baru setelah itu bisa direbus atau dikukus untuk kemudian diolah sesuai keinginan.

Rebus dengan air kelapa

Rebung yang sudah disimpan terlalu lama biasanya memiliki bau yang pekat. Kalau direbus dengan air biasa atau dikukus tak kunjung menghilangkan baunya. Bisa coba rebus dengan air kelapa. Dijamin cita rasa rebung akan sedikit berubah dan memberinya sensasi yang berbeda.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact