Cara Menyimpan Alpukat Agar Matang Merata

Niat hati menyimpan buah alpukat agar matang merata, tapi apa daya sering kali kamu mendapati alpukat justru busuk di bagian dalamnya. Kebanyakan cara yang dilakukan untuk membuat alpukat matang yaitu dengan menyimpannya di dalam beras selama beberapa hari, tapi ternyata tidak sedikit yang mendapatkan hasil mengecewakan.

Supaya kamu tidak kesal lagi, ada baiknya kamu mempelajari cara menyimpan buah alpukat yang benar agar matang merata dan tidak busuk.

 Membungkus alpukat dalam kantong kertas bersama buah pisang

Aplukat yang kamu beli pun akan matang dalam waktu singkat ketika disimpan dalam kantong kertas bersama buah pisang pada suhu ruangan normal. Selain kantong kertas, kamu bisa menggunakan kertas koran untuk membungkus buah tersebut, tapi alangkah baiknya jika pakai kertas yang tidak bertinta.

Menyimpan ke dalam tepung

Karena buah alpukat merupakan salah satu buah yang tidak bisa masak diphon, untuk mempercepat proses pematangan alpukat kamu bisa membenamkannya ke dalam tepung.

Menggunakan microwave

Alpukat bisa matang dengan menggunakan microwave. Sebelum kamu masukkan aplukat ke dalam microwave, bungkus alpukat menggunakan aluminium foil. Gunakan panas sedang dan atur waktu selama 30 detik. Periksa buah alpukat apakah sudah terasa lebih lembut. Jika masih keras, ulangi proses ini selama 30 detik lagi. Ulangi cara tersebut sampai alpukat menjadi lunak.

Biasanya, alpukat yang matang melalui microwave bagusnya digunakan untuk campuran resep makanan atau olahan minuman. Karena, alpukat yang matang melalui microwave itu rasanya tidak lebih segar, olehsebabnya lebih cocok jika dijadikan sebagai bahan tambahan suatu sajian.

Catatan: Jika buah alpukat tidak habis atau sisa, simpanlah dengan keadaan biji masih menempel di dalam kulkas. Beri perasan jeruk nipis ke atas permukaan alpukat agar kondisi tetap segar. Maksimal daging alpukat akan bertahan sampai dua hari di dalam kulkas, selebihnya daging alpukat akan menjadi tidak enak rasanya.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact