Cara Mudah Agar Hidup Lebih Sehat

Asupan makanan berpengaruh besar pada kesehatan. Tidak hanya pengolahannya, tapi kombinasi makanan juga harus tepat. Untuk itu perhatikan beberapa cara mudah berikut ini agar hidup lebih sehat.

Gunakan Botol Semprot

Agar tidak berlebihan menggunakan minyak goreng, sebaiknya jangan langsung menuangnya di pernggorengan. Tapi kamu bisa menggunakan botol semprot. Semprotkan minyak sedikit saja di penggorengan. Atau, oleskan menggunakan sikat kue lebar agar minyak yang kamu gunakan tidak berlebihan.

Kaldu, Bukan Minyak

Menggoreng menggunakan kaldu adalah salah satu cara untuk membuat makanan jadi lebih sehat. Tak perlu banyak-banyak, cukup dua sendok makan setiap kali menggoreng. Memang kaldu juga mengandung lemak, tapi itu jauh lebih sehat dibandingkan minyak.

Ganti Saus

Lupakan menggunakan saus yang dijual di pasaran, karena banyak mengandung zat aditif dan pengawet. Sebaiknya buat saus sendiri dari yogurt, yang tentunya lebih aman dan menyehatkan.

Caranya, campur 500 gram olahan yoghurt, keju, dan susu kental manis secukupnya. Atau, campur 200 mililiter yoghurt dengan 1-2 sendok makan madu. Tuangkan di atas buah atau makanan kamu.

Tambahkan Biji Wijen

Biji wijen kaya akan kalsium. Karena itu, taburkan wijen pada salad dan hidangan lainnya agar lebih menyehatkan dan menarik dilihat.

Kurangi Garam

Kurangi menambahkan garam ke dalam masakan. Sebab, penggunaan garam yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Kalaupun kamu pecinta makanan asin, kamu bisa menambahkan  langsung pada makanan yang akan dimakan. Sebab, garam yang belum dipanaskan lebih sehat.

Karena itu, lebih baik memasak tanpa garam sama sekali dan kamu bisa menambahkan garam ke piring ketika hidangan sudah dimasak.

Pilih Garam Laut

Sebaiknya kamu gunakan garam laut, bukan garam meja. Sebab, garam laut banyak mengandung mineral, seperti natrium, kalsium, besi dna yodium, yang membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Selain itu, rasa dari garam lautpun lebih gurih.

Kurangi Gula

Gula merupakan musuh utama bagi kesehatan dan kecantikan. Karena itu, sebaiknya gunakan gula sesedikit mungkin. Atau, gunakan sejumput stevia atau buah kering saat memanggang.

Gunakan Madu

Untuk mendapatkan rasa manis, sebaiknya pilih madu ketimbang gula. Tapi jangan mebambahkan madu ke dalam minuman panas, karena semua manfaatnya akan hilang. Jadi, jangan menambahkan madu ke dalam secangkir teh panas ya.

Pisang+Susu

Pisang dan susu adalah kombinasi yang sangat lezat dan sehat untuk menjaga kesehatan tulang. Kamu bisa menghaluskan pisang, kemudian tambahkan susu untuk membuat smoothie. Kamu juga bisa menambahkan sedikit oatmeal agar lebih bergizi.

Lemon+Teh Hijau

Teh hijau dan lemon kaya akan antioksidan. Selain itu lemon juga dapat membantu tubuh mencerna lebih baik. Jadi, jangan lupa menambahkan sepotong lemon ke dalam secangkir teh kamu yaa.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved