Cara Mudah Hilangkan Bau Pada Kikil

Selain rasanya yang gurih, tekstur kenyal pada kikil nyatanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner. Tidak sedikit juga bisa kamu temukan menu makanan yang menggunakan kikil sebagai campuran makanan.

Meski begitu, kikil membuat sebagian orang malas mengolahnya sendiri lantaran bau khas yang dimiliki. Bau tersebut bisa mengurangi kelezatan masakan berbahan kikil. Sebelum mengolah bagian dari kulit atau kaki sapi ini, kamu perlu memerhatikan beberapa tahap agar tak meninggalkan bau saat disantap.

  1. Pastikan kamu mencucinya lebih dari sekali di bawah air mengalir. Kemudian, rebus kikil dengan air mendidih selama 20 menit.

Lalu, bersihkan kembali kotoran yang masih menempel pada kikil. Kamu bisa menggunakan pisau untuk membersihkan bulu yang masih menempel pada kikil.

  • Untuk menghilangkan bau, dalam proses perebusan kamu bisa menggunakan beberapa bumbu rempah seperti jahe, daun salam, daun jeruk dan serai yang sudah dimemarkan sebelumnya.

Aroma yang harum dari bumbu rempah bisa menyamarkan aroma kikil yang tak sedap. Butuh waktu yang cukup lama untuk merebus kikil hingga baunya hilang.

Jika kamu merebus kikil meggunakan panci presto, hanyak akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan panci biasa memerlukan waktu antara 2-3 jam, hingga kikil menjadi benar-benar empuk.

  • Jangan gunakan air rebusan kikil sebagai kaldu. Jika memerlukan kaldu, sebaiknya gunakan tulang sapi karena akan terlihat lebih bening.
  • Setelah kikil empuk dan tak berbau, kikil bisa langsung dipotong-potong sesuai selera dan diolah menjadi beragam masakan lezat.

Kini, kamu pun sudah tak perlu malas mengolah kikil sebagai bahan makanan. Dengan cara di atas, kamu sudah tak perlu lagi khawatir terhadap bau yang akan mengganggu cita rasa masakanmu.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact