Cara Mudah Lepas Kecanduan Gawai pada Anak

Gadget saat ini merupakan sebuah benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktifitas sehari-hari. Kemana pun gadget selalu dibawa, apa pun yang ada selalu bisa diakses dengan gadget.

Sehingga tak heran jika anak-anak masa kini pun sudah mulai pandai dan kenal dengan gadget. Meski pada dasarnya anak boleh diperkenalkan pada gadget, tapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya. Bahkan, orangtua jaman sekarang justru sengaja memperkenalkan anak pada gadget dengan alasan membuat sang anak tidak rewel ketika diajak ke suatu acara. Alhasil, anak pun mengenal gadget bahkan sampai tak mau lepas.

Hal tersebut tentu tidak baik untuk perkembangan pemikiran sang anak kedepannya. Karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk melepasnya. Saking asiknya bermain gadget, anak lupa untuk belajar, bergaul dengan teman, dan akan malas untuk pergi ke sekolah.

Tentu kamu sebagai orangtua tidak mau menjadi stress karena anak kecanduan gadget atau gawai bukan? Maka untuk mengatasi anak yang candu dengan gawai, sebaiknya melakukan beberapa tips berikut ini.

Berikan Batasan Waktu pada Anak

Kamu sebagai orangtua bisa memberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget. Berusahalah untuk bersikap tegas dan jangan membiarkan anak terlalu asik bermain gadget. Terlebih lagi jika gadget yang kamu berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anakmu akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

Berikanlah Mainan Aternatif

Kamu bisa memberikan mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Jika cara tersebut kurang efektif, kamu bisa membiarkan si kecil untuk bermain dengan teman sebaya di luar rumah asalkan tidak berbahaya.

Luangkan Waktu untuk Anak

Apabila kamu menginginkan si kecil tidak kecanduan gadget maka ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Perlu diketahui salah satu alasan mereka memilih untuk bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang perhatian orangtuanya. Oleh karena itulah, jangan terlalu sibuk bekerja, cobalah sedikit meluangkan waktu untuk si kecil.

Batasi Penggunaan Jaringan Internet di Rumah

Sambungan internet yang mudah si kecil dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka tak heran jika anak akan lebih suka menjadi sosok yang indifidualis, mengurung diri di kamar bermain internet. Maka dari itu sebaiknya kamu patut membatasi  penggunaan jaringan internet di luar kebutuhanmu.

Ajak si Kecil untuk Bermain Mengenal Alam Semesta

Saat weekend tiba tidak ada salahnya untyk mengajak si kecil jalan-jalan. Tentu dengan menikmati pemandangan yang di indah si suatu taman hiburan atau dimana saja yang dirasa indah, si kecil akan lupa sejenak dengan gadgetnya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan.

Berikan Spirit atau Reword Pada Anak

Berikan motivasi kepada si kecil ketika dirinya berhasil untuk mengurangi jumlah frekuensi bermain gadgetnya. Berikanlah hadiah secara bertahap, sehingga anak akan memiliki keinginan kuat untuk tidak terlalu intens bermain gadget.

Ajak Anak untuk Bersosialisasi dengan Teman Sebayanya

Bisa jadi anak bermain gadget karena tidak ada aktifitas bermain yang menyenangkan dengan teman sebayanya. Maka dari itulah orangtua perlu mengajak anak untuk bermain dengan teman sebayanya, misalnya mengundang teman-temannya bermain ke rumah. Dengan banyak teman maka si kecil pun akan memiliki kesibukan baru dan lupa dengan gadgetnya.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan candu gadget pada anak, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat tentunya.

 

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact