Cara Mudah Mengolah Usus Ayam Agar Tak Bau Amis

Mulai dari bagian daging sampai dengan bagian dalam organ ayam atau yang biasa disebut jeroan juga kerap menjadi favorit menu masakan. Salah satu jeroan yang paling banyak digemari dari ayam adalah usus.

Usus kerap kali dimasak menjadi sebuah menu masakan yang lezat baik dengan cara digoreng, dibakar, maupun dijadikan sayur. Meski demikian, nyatanya tidak semua orang bisa mengolah usus ayam dengan benar.

Ternyata, dibalik rasanya yang enak, kalau salah mengolah usus bisa-bisa masih terasa pahit dan bau amis. Hal itu disebabkan dari cara pencucian usus ayam yang kurang bersih dan tepat. Nah, buat kamu yang belum tahu bagaimana cara mengolah usus ayam supaya tidak berbau, bisa mengikuti cara mudah berikut ini.

Menggunakan Daun Pisang

Sebelum mencuci, campurkan usus ayam dengan beberapa potongan daun pisang yang sudah disobek-sobek dengan satu sendok garam dan kapur sirih. Kemudian, remas usus hingga lendirnya hilang. Cara ini bisa membuat bau amis dan rasa pahit dari usus ayam berkurang.

Lumuri Tepung Kanji

Kamu bisa melumuri usus ayam dengan tepung kanji sampai merata. Kemudian, remas-remas usus sampai tepung berguguran. Tepung kanji tidak hanya bisa mengangkat kotoran pada usus ayam, tapi juga membuat teksturnya menjadi lebih kesat. Setelah itu, cuci usus ayam menggunakan air mengalir sampai bersih.

Cuci Usus Ayam Sampai Bersih

Sebelum diolah, pastikan untuk mencuci usus ayam berkali-kali sampai benar-benar bersih. Fokus pada bagian lekukan usus untuk menghilangkan kotoran yang tersembunyi. Selain itu, lumuri usus ayam dengan air jeruk nipis agar bau amisnya sedikit berkurang.

Rebus Usus Ayam Sebanyak Dua Kali

Merebus usus sebaiknya tidak hanya sekali, sebab masih memiliki bau amis yang menempel. Selain itu, kotoran usus juga belum sepenuhnya bersih kalau hanya melalui satu kali perebusan saja.

Rebus ayam selama dua kali untuk menghilangkan bau amisnya. Tiriskan air bekas rebusan usus ayam yang pertama, dan rebus kembali bersama campuran berbagai bumbu dapur seperti lengkuas, jahe, daun jeruk, dan daun salam.

 Gunakan Air Kelapa

Kamu bisa menambahkan air kelapa saat merebus usus ayam, selain menghilangkan bau, air kelapa juga bisa membuat tekstur usus menjadi lebih empuk serta membuat cita rasa semakin gurih juga sedap!

Selamat mencoba..

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact