Cara Mudah Untuk Menghemat Air di Rumah

Air merupakan kebutuhan sehari-hari yang sangat penting bagi siapapun. Maka dari itu, sudah sewajarnya kamu harus bisa menghemat air, sebab selain berkaitan dengan urusan keuangan, juga untuk persediaan air di masa depan.

Untuk itu, penting bagi kamu menyimak beberapa tips berikut ini yang bisa membantu kamu untuk menghemat penggunaan air di rumah.

1. Mengurangi Siraman

Untuk menghemat air di rumah, kamu bisa mengurangi siraman pada beberapa aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman air. Beberapa aktivitas penyiraman air yang biasa dilakukan adalah mencuci kendaraan, menyiram tanaman, dan halaman rumah, atau juga aktivitas penyiraman pada toilet duduk.

Dalam aktivitas tersebut sebaiknya mulailah untuk tidak menggunakan air secara berlebihan. Gunakan air pada teknik yang sebaik-baiknya sesuai keperluan untuk bisa membuat penghematan.

2. Waktu Mandi

Pastikan untuk tidak mandi terlalu lama, cukup 5 menit. Dengan mandi selama 5 menit, kamu hanya menghabiskan air bersih sekitar 30 liter saja, daripada menggunakan bathtub yang bisa menghabiskan air 60 liter.

3. Menggosok Gigi

Tanpa kamu sadari, ada sekitar 6 liter air yang terbuang dengan percuma dari keran air yang menyala saat kamu melakukan aktivitas menggosok gigi. Maka dari itu saat menggosok gigi alangkah baiknya jika kamu mematikan keran air saat tidak menggunakannya. Dari kebiasaan yang satu ini kamu akan lebih mudah untuk melakukan penghematan dengan baik.

4. Gunakan Keran Aerator

Kamu bisa menggunakan keran aerator yaitu sebuah mesin penghasil gelembung udara yang gunanya adalah menggerakan air di dalam akuarium agar airnya kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh semua ikan.

Dengan alat ini, kamu bisa membatasi aliran dari keran. Dari sana kamu akan mampu melakukan penghematan air dengan baik.

5. Gunakan air kembali

Untuk melakukan penghematan air, kamu bisa menggunakan air kembali (reuse water). Tidak perlu kahwatir akan kondisi air yang sudah kotor, karena air yang sudah kamu pakai bisa kamu gunakan kembali untuk menyiram tanaman. Dengan cara ini kamu bisa melakukan penghematan air seperti yang kamu inginkan.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Mulai dari sekarang kamu bisa membiasakan untuk hidup hemat air agar bisa memberikan manfaat di hari esok! Selamat mencoba ya..

 

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact