Cara Tepat Simpan Bumbu Dapur Agar Tak Mudah Busuk

Bumbu dapur seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, paprika, dan segala macamnya merupakan kunci sukses dari kenikmatan suatu masakan. Akan tetapi, sering kali dari kamu mungkin kebingungan untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur tersebut agar lebih awet dan tidak mudah busuk.

Salah satu cara yang sering dipilih adalah menaruhnya di kulkas, namun tidak semua bumbu bisa ditaruh di kulkas, sebab bisa memengaruhi kualitas dan manfaatnya.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu nih cara tepat menyimpan masing-masing bumbu dapur berikut ini agar tidak mudah busuk.

Bumbu Biji-bijian

Bumbu dapur biji-bijian seperti kemiri, ketumbar, dan merica cenderung tahan lama disimpan, namun mudah terkena jamur dan serangga kalau kamu salah menyimpannya.

Ada baiknya kamu simpan bumbu dapur yang satu ini dalam tempat tertutup rapat seperti toples agar tidak mudah berjamur.

Selain itu, simpan di tempat kering dan suhu udara ruangan sejuk ya!

Bumbu Bawang dan Rempah-rempah

Bumbu rempah seperti kunyit, lengkuas kencur, kunci, dan pala, sebaiknya kamu simpan di tempat yang tidak terpapar panas matahari dan lembap.

Sebaiknya, begitu membeli keluarkan dari kresek dan letakkan di tampah atau sejenisnya tanpa perlu dicuci. Kamu bisa mencuci rempah-rempah tersebut setiap kali akan memakai, karena cara penyimpanan ini  justru lebih awet.

Bumbu Dapur Daun-daunan

Jangan biarkan bumbu dapur seperti daun jeruk, salam, pandan, dan serai terpapar panas kompor, sebab akan membuatnya jadi mudah layu, berubah bentuk, dan warna.

Untuk jenis bumbu dapur daun-daunan, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas dan dicuci bersih sebelumnya agar bakteri tidak menyebar.

Bumbu Dapur Cabai-cabaian

Berdeda dengan bawang, kalau jenis cabai dan paprika kamu bisa menyimpan di dalam kulkas. Begitu membelinya usahakan langsung dicuci dan keluarkan dari plastik untuk disimpan dalam kulkas. Sebab, bumbu dapur ini jika diletakkan di luar justru cepat kering dan busuk.

Tomat dan Jeruk Nipis

Jika kamu biasanya menyimpan bumbu dapur ini di kulkas supaya tahan lama, sepertinya keliru. Kamu bisa menyimpan tomat di luar tempat atau tempat buah yang tidak terpapar panas dan sejuk.

Sementara jeruk nipis dan jeruk jeruk lainnya kamu bisa menyimpannya di kulkas maupun di luar.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact