Catat! Penyebab Kue Kering Buatan Sendiri Jadi Keras

Lebaran tinggal menghitung hari, semua orang sibuk menyiapkan sajian untuk para tamu maupun saudara yang datang. Kue kering pun menjadi tradisi penganan yang wajib tersedia. Berbagai resep kue kering yang enak pasti bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Sayangnya, tidak semua resep tersebut bisa menghasilkan kue kering yang sempurna seperti yang kamu bayangkan dan inginkan.

Salah satu masalah yang paling sering dialami ketika membuat kue kering adalah teksturnya yang terlalu keras. Ternyata, ada beberapa penyebab kue kering menjadi keras, antara lain:

Pemanggangan terlalu lama

Pemanggangan yang terlalu lama selai mengakibatkan penguapan juga menyebabkan kondisi kue semakin kering. Karena itu, pemanggangan jangan dilakukan terlalu lama, yang penting kue matang dan kering.

Selain itu, terlalu lama memanggang juga akan membuat kue rentan gosong. Sebaiknya gunakan waktu yang ideal untuk memanggang, yaitu 20 menit, dengan suhu antara 130-170 derajat Celcius.

Komposisi bahan tidak tepat

Perhatikan jumlah penggunakan bahan sesuai dengan yang ditentukan dalam resep. Jangan melebihkan atau mengurangi penggunaan bahan dari takaran yang dianjurkan. Jangan terlalu banyak menambahkan tepung terigu. Perbandingan tepung terigu dan lemak yang tepat adalah 2:1.

Kurang telur

Telur biasanya digunakan sebagai pelembut kue kering, sehingga kalau kamu kurang menambahkan telur ke dalam adonan, maka kue kering akan menjadi keras. Dalam pembuatan kue kering, telur tidak  dipergunakan untuk mengembangkan kue, melainkan untuk mengempukkan kue.

Adonan diaduk terlalu kuat dan lama

Adonan kue yang diaduk terlalu kuat dan dalam waktu yag lama akan membuat kue kering memiiki tekstur keras dan bantat.

Adonan dibuat kalis

Tidak seperti roti, adonan kue kering justru tidak perlu dibuat menjadi kalis. Beberapa kue kering yang memerlukan pembentukan dengan cara disemprit, disendokkan, atau dibekukan terlebih dagulu, adonannya tidak perlu dibuat menjadi kalis.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact