Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa dengan Cara Berikut Ini

Kondisi mulut kering selama menjalankan puasa menyebabkan masalah bau mulut. Tentu saja, saat kamu bekerja di luar, apalagi pekerjaanmu menuntut untuk bertemu banyak orang, kamu menjadi tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan bau mulut dan bagaimana cara agar terhindar dari masalah bau mulut selama berpuasa?

Penyebab bau mulut saat puasa

 Pada saat puasa, tubuh menjadi kurang asupan cairan sehingga mulut pun menjadi kering. Keadaan mulut yang kering ini menyebabkan bau mulut karena pada saat mulut kering, kadar air liur dalam mulut berkurang.

Padahal, air liur berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak. Air liur juga berperan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terakumulasi pada lidah, gusi, dan pipi. Nah, jika sel-sel mati ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan bau mulut.

Alasan lainnya adalah, pada saat puasa tubuh bisa jadi menggunakan lemak sebagai sumber energi utama karena cadangan glikogen pada hati dan otot yang biasa menjadi sumber energi sudah habis terpakai. Saat lemak digunakan, tubuh akan menghasilkan senyawa yang disebut keton. Senyawa ini memiliki bau yang khas yang bisa tercium melalui napasmu.

Perhatikan juga asupan makan dan minum saat sahur dan berbuka, sebab hal itu juga bisa memengaruhi bau mulut. Jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma menyengat maka bukan tidak mungkin napasmu menjadi berbau kurang sedap.

Lalu bagaimana cara untuk menghindari bau mulut pasa saat berpuasa? Berikut tipsnya:

Tips menghindari bau mulut selama puasa

Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa

Air putih yang menyehatkan ternyata mampu untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulutmu. Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari.

Sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari

Jangan pernah malas untuk sikat gigi secara teratur. Dengan begitu, masalah bau mulut pun tidak akan mengganggumu.

Selama berpuasa, mulailah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung floride, ini berfungsi untuk menghilangkan plak dan sisa makanan.

Jangan lupa bersihkan lidah

Jangan lupa untuk memberishkan lidah dengan menggunakan alat khusus yang memang didesain untuk membersihkan lidahmu. Sebab, tanpa kamu sadari sisa-sisa kotoran yang terdapat di lidah justru bisa membuat mulut memiliki aroma tak sedap dibandingkan sisa kotoran yang menempel di gigi.

Gunakan obat kumur non alkohol

Setelah menggosok gigi dan memberikan lidah, jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur. Fungsinya untuk membersihkan secara menyeluruh area mulutmu, bahkan yang tersembunyi sekalipun.

Hindari tidur berlebihan

Selama berpuasa tak jarang kamu jadi mudah mengantuk. Orang yang menghabiskan waktu berpuasa dengan cara tidur menyebabkan mulut menjadi kering dan kurang air. Kondisi ini membuatmu mudah mengalami masalah bau mulut.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact