Ganti Tepung Terigu dengan Tepung yang Lebih Sehat

Tepung terigu adalah bahan utama yang wajib ada untuk membuat kue atau kudapan. Namun, sering kali tepung dihindari oleh beberapa orang yang sedang melakukan diet. Selain itu, beberapa orang juga memiliki intoleransi terhadap tepung terigu biasa.

Lalu, adakah pengganti tepung terigu yang lebih sehat? Buat kamu yang intolerasi terhadap tepung terigu, kamu bisa memilih alternatif tepung lain seperti di bawah ini:

Tepung Kelapa                  

Tepung Kelapa yang dibuat dari ampas kelapa ini tinggi serat, protein, dan memiliki karbohidrat yang bisa dicerna dengan baik daripada tepung terigu. Selain itu, tepung kelapa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, dimana di dalam tubuh tepung ini dikonversi menjadi gula darah dengan lebih lambat, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Tepung Beras Merah

Tepung yang terbuat dari beras merah ini memiliki tekstur yang mirip dengan tepung terigu, namun mengandung lebih banyak serat. Tepung ini cocok buat kamu yang ingin membuat kue yang dipanggang. Tepung merah sarat vitamin B, zat besi, dangan mangan, elemen mineral yang membantu membentuk jaringan ikat dan tulang.

Tepung Quinoa

Tepung quinoa bisa kamu temukan di toko dan bisa juga dibuat sendiri di rumah. Kamu bisa menggiling sampai halus biji quinoa, untuk menggiling bisa menggunakan blender. Agar lebih cepat hancur, kamu bisa memotong-motong biji quinoa terlebih dulu sebelum digiling.

Tepung quinoa ini kaya akan protein dan dapat kamu gunakan untuk membuat muffin, pancake, dan roti.

Tepung Kedelai Putih

Tepung ini bisa mengantikan posisi tepung terigu dalam pembuatan cake, kue, dan beragam camilan lain. Tepung kedelai putih bebas gluten dan tinggi protein. Tepung kedelai memiliki tekstur agak kasar dibanding terigu. Secangkir tepung kedelai (200 gram) hanya mengandung 350 kalori.

Tepung Gandum

Meski sama-sama terbuat dari gandum, namun penampilan dari tepung gandum sedikit kusam dibandingkan tepung terigu. Hal tersebut dikarenakan sekam pembungkus bulir gandum ikut digiling. Meski tampilannya kurang menarik, tepung gandum utuh kaya nutrisi dan serat pangan yang kamu butuhkan untuk mempertahankan diet seimbang.

Tepung ini sangat cocok untuk dibuat roti atau kue.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact