Ini yang Bisa Terjadi Pada Tubuh saat Kurang Minum Air Putih

Tidak sedikit di antara kamu pasti lupa untuk meminum air putih. Teh manis dingin, es kopi, dan minuman berbagai rasa lain tentunya lebih bisa membuat segar dan nikmat untuk diminum. Padahal air putih memiliki peranan penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. 

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan tersebut atau bahkan jarang minum air putih, mulai sekarang biasakanlah untuk selalu minum air putih, sebab kalau tidak kamu bisa mengalami beberapa hal berikut ini:

Kulit Kusam dan Kering

Tubuh dalam keadaan dehidrasi akan memengaruhi kondisi kulit. Ini karena resistensi dan fungsi enzim tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, kulit tubuhmu jadi kering, terlihat kusam, dan struktur lapisan kulit pun ikut memburuk.

Masalah Buang Air Besar

Kurang minum air putih akan membuat kamu jarang ke kamar mandi untuk buang air kecil terlalu sering. Namun, kurang air juga bisa mengganggu rutinitas buang air besar. Sebab, feses menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.

Lancar buang air besar sangat penting bagi kesehatan. Jadi, rajinlah minum air putih agar masalah sembelit tidak terjadi.

Perubahan Warna Urin

Jika urin berubah warna menjadi gelap atau kamu mencium perbedaan bau yang agak kuat, hal itu bisa menjadi indikasi bahwa tubuhmu kekurangan air.

Perubahan ini bisa terjadi secara segera dan merupakan tanda awal dehidrasi.

Bau Mulut

Ketika kamu kurang minum air putih ternyata bisa memengaruhi bau nafas. Di mana bau nafasmu akan menjadi kurang sedap. Hal tersebut terjadi karena tumbuhnya bakteri sebab kelenjar saliva tidak memproduksi saliva dalam jumlah cukup.

Air mebantu tubuh memproduksi saliva dalam cukup. Jadi jika kamu kurang minum, produksi bakteri juga akan berkurang.

Kelelahan

Kamu mungkin menyadari bahwa tubuhmu agak kelelahan ketika kurang minum air putih. Daripada mengambil kopi atau teh, cobalah ambil segelas air. Bisa jadi rasa lelah itu muncul karena tubuhmu kurang terhidrasi.

Nah, bagaimana? Ada baiknya kamu mulai mencukupi kebutuhan cairanmu dengan rajin minum air putih delapan gelas dalam sehari ya!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact