Jadi Hemat! Begini Cara Jernihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Dipakai Lagi

Idealnya minyak goreng hanya bisa digunakan dalam tiga kali pemakaian, itu pun kalau warnanya masih jernih. Jika keruh, sebaiknya jangan digunakan, sebab tidak baik untuk kesehatan. Salah satu penyebab minyak goreng cepat keruh biasanya adalah masak menggunakan api terlalu besar.

Namun, ternyata minyak goreng bekas pakai atau jelantah bisa dijernihkan kembali dengan mudah. Dijernihkan kembali? Iya, minyak goreng bekas bisa kamu jernihakn kembali dengan cara yang sangat mudah dipraktikan di rumah.

Beberapa cara diantaranya ada di bawah ini. Yuk, simak ulasannya!

Gunakan Nasi

5 Fakta tentang Nasi Putih

Ternyata, nasi bisa membantu untuk menjernihkan kembali minyak goreng bekas. Caranya mudah, cukup ambil segenggam nasi, lalu bulatkan nasi tersebut sampai padat. Selanjutnya, masukkan nasi ke dalam minyak penggorengan yang baru saja digunakan(keadaan panas). Bolak-balik, sambil ditekan-tekan nasi tersebut sampai semua remah yang tertinggal menempel pada nasi. Lakukan sampai minyak terlihat jernih kembali.

Gunakan Kentang

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjal

Selanjutnya kentang, kamu bisa mengambil 1 buah kentang, kupas kulitnya, selanjutnya potong kentang menjadi 4 bagian. Jika sudah, masukkan kentang tersebut pada minyak bekas yang masih dalam keadaan panas (setelah digunakan masak). Setelah itu, aduk-aduk kentang sampai kotoran dalam minyak menempel pada kentang dan minyak terlihat jernih.

Gunakan Ampas Nanas

Seberapa Pentingkah Minum Air Nanas Setiap Pagi? - Health Liputan6.com

Ampas nanas dipercaya ampuh menjernihkan minyak bekas. Sebab, ampas nanas memiliki kemampuan menyerap sisa makanan atau kotoran pada minyak.

Cara menggunakannya cukup mudah, kumpulkan ampas nanas, lalu cuci ampas nanas sampai bersih, kemudian keringkan sampai berbentuk karbon. Jika sudah kering, kamu bisa menghaluskan ampas nanas tersebut dengan diblender sampai menjadi serbuk.

Masukkan serbuk ampas nanas tersebut pada minyak goreng bekas selama 2-3 jam, lalu saring minyak, dan lihat lah perubahan warna pada minyak goreng tesebut.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved