Jaga Kulit dengan Pola Hidup Sehat!

Kulit sangat rentan untuk terkontaminasi dengan kotoran. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Jangan menganaikan kesehatan kulit, sebab dengan tidak merawatnya dengan baik lambat laun bisa memengaruhi kesehatan kulit.

Kesehatan kulit yang terganggu juga bisa membuatmu merasa kurang percaya diri. Untuk mendapatkan kulit sehat, ada baiknya kamu menerapkan pola hidup sehat berikut ini.

Hindari Merokok

Tips sederhana untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan tidak merusaknya. Merokok termasuk salah satu faktor yang dapat merusak kulit karena dapat membuat kulitmu menua lebih cepat.

Merokok dapat memecah kolagen yang dapat mengurangi elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit akibat racun tembakau.

Hindari Alkohol

Selain rokok, alkohol juga termasuk salah satu faktor lain yang bisa merusak kulit. Konsumsi alkohol bisa membuat tubuh maupun kulit menjadi dehidrasi, yang membuat kulitmu tampak lelah dan tua.

Baik merokok atau konsumsi alkohol membuat produksi kolagen berkurang. Kolagen berperan dalam menjaga kekencangan kulitmu. Sehingga, kurangnya cadangan kolagen pada tubuh membuat regenerasi kulitmu menjadi tidak optimal. Akibatnya kerutan halus akan lebih cepat timbul pada kulitmu.

Bahkan, terdapat studi menunjukan bahwa alkohol dapat membuat ketidakstabilan hormon sehingga membuat produksi minyak bertambah. Akibatnya, hal ini dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit.

Tidur Cukup

Kurang tidur dapat membuat kulitmu tampak lelah, kusam, dan lebih tua. Terlebih semakin sering kamu kurang tidur, semakin tinggi risiko timbulnya kantung mata yang menghitam di bawah mata.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan kulit. Studi menemukan bahwa makan makanan yang sehat dan bergizi (seperti buah dan sayuran) dapat membuat kondisi kulitmu tampak sehat dan lebih muda.

Kendalikan Stres

Stres dapat menstimulasi kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, yang merupakan hormone utama stres yang terlibat dalam produksi lemak berminyak dan kelenjar sebasea.

Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak inilah yang dapat menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya.

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Lindungi kulitmu dari sinar matahari terutama saat matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu pukul 10.00-16.00. Namun, jika kamu tetap harus beraktivitas pada waktu tersebut, kamu sangat dianjurkan untuk melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Menggunakan pakaian pelindung, seperti baju/kemeja lengan panjang, celana panjang, atau topi.
  • Menggunakan tabir surya dengan SPF (non protection factor) lebih dari 15 dengan menerapkannya sekitar 20 menit sebelum kamu beraktivitas keluar.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved