Jaga Pola Makan Sehat Saat Lebaran, Simak Tipsnya!

Momen Lebaran kerap dijadikan momen untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Selain momen berkumpul, Selain berkumpul, Lebaran juga kerap menjadi ajang makan-makan karena persediaan makanan pasti sangat berlimpah. Mulai dari camilan hingga makanan berat tersaji di depan mata.

Namun perlu diingat, kamu tetap harus memerhatikan dan menjaga pola makan sehat pada saat Lebaran agar terhindar dari segala macam penyakit setelahnya.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar Lebaran tetap sehat!

Batasi Porsi Makan

Batasi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang bersantan. Makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi yang bisa membuat kamu berisiko mengidap kolesterol.

Batasi juga makanan manis untuk kamu dengan diabetes, berat badan berlebih.

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Tak heran setelah Lebaran berat badan bisa tiba-tiba naik. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengalihkan rasa “lapar palsu” dengan mengalihkan perhatian, misalnya ngobrol dengan keluarga atau minum banyak air putih agar tidak terus merasa lapar dan tubuhmu pun akan sehat karna kebutuhan air tercukupi.

Konsumsi Sayur

Lebaran biasanya penuh dengan makanan berlemak, tapi cobalah kamu perbanyak sayur pada piringmu. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dan kebutuhan serat akan tercukupi.

Jika sayur terdapat pada sajian bersantan, kamu bisa mengurangi kuah santannya dan perbanyak porsi sayurannya. Selain sehat, kamu juga akan terhindar dari riisko kolesterol.

Perlu diperhatikan, karena kamu baru saja menjalani puasa selama 30 hari, kemungkinan tubuh mula terbiasa dengan pola makan yang sedikit. Maka dari itu, sebaiknya makan dengan porsi secukupnya dan tidak berlebihan, karena lambung akan kaget bahkan maag.

Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi Ibu Baik SunCo yang merayakan. Jangan lupa selalu tebarkan kebaikan melalui sajian makanan yang bergizi dan menyehatkan untuk keluarga tercinta di rumah, ya!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved