Jauhi Kebiasaan Ini di Dapur, Bisa Menimbulkan Penyakit!

Kamu tahu kuman dan bakteri merupakan salah satu sumber penyakit yang bisa tersebar di mana pun dan bisa menyerang kapan pun.

Maka, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari bakteri jahat penyebab penyakit.

Berbagai cara mungkin sudah dilakukan untuk melindungi keluarga agar tidak mudah terserang bakteri jahat, mulai dari menjaga kebersihan rumah, peralatan makan, hingga makanan yang dikonsumsi.

Sayangnya, beberapa kebiasaan sehari-hari tersebut rupanya bisa menimbulkan penyakit, seperti merendam piring dalam wastafel hingga mengeringkan tangan ternyata adalah kesalahan fatal.

Berikut 5 kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan dan bisa memicu penyakit.

1. Merendam piring

Melindungi keluarga dengan menjaga kebersihan peralatan makanan nyatanya tak cukup membuat mereka terhindar dari penyakit.

Beberapa dari kamu mungkin masih melakukan kebiasaan merendam piring atau gelas dalam baskom atau wastafel.

Padahal cara tersebut membuat kuman dan bakteri semakin menyebar meski merendam adalah salah satu solusi mudah. Selain itu, kamu juga harus rajin membersihkan baskom atau wastafel tempat mencuci peralatan makan, apalagi setelah mencuci makanan mentah seperti ikan, daging, dan ayam agar terhindar dari kelainan lambung dan usus.

2. Waktu mencuci tangan

Mungkin salah satu dari kamu memiliki kebiasaan mencuci tangan menggunakan air hangat.

Karena hal tersebut dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Sayangnya, suhu air tidak berpengaruh pada pertumbuhan kuman semakin lamanya waktu mencuci tangan.

Justru mencuci tangan dengan air panas bisa mengurangi fungsi perlindungan kulit dan iritasi. Setidaknya kamu membutuhkan 30 detik dalam mencuci tangan untuk membunuh semua bakteri.

3. Mengeringkan tangan

Bisa ditemukan pada beberapa tempat makan selalu menyediakan alat pengering tangan. Padahal alat yang dinilai efektif dan simple tersebut justru bisa menyebarkan kuman dan bakteri. Mereka menyebarkan bakteri melalui udara dan bisa masuk ke paru-paru, kulit, dan tubuh.

Sebaiknya, gunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan tangan setelah dicuci.

4. Tas dan kantong belanja yang tidak pernah diganti

Perlu kamu ketahui bahwa tas atau kantong belanja yang digunakan lebih dari sekali memiliki banyak kuman menempel.

Apalagi jika kamu pernah menggunakannya untuk belanja daging mentah, meskipun dibungkus. Perlu kamu ketahui, bakteri yang menempel pada daging mentah justru bisa menyebar pada makanan lainnya.

Oleh karenanya, selalu ganti atau cuci kantong belanjaan setiap kali akan berbelanja dan pisahkan antara daging mentah dengan buah-buahan atau sayuran

5. Memotong makanan dengan alas talenan

Talenan memiliki 200 kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Apalagi kalau kamu menggunakan talenan tersebut untuk memotong dua jenis makanan. Misalnya untuk memotong daging mentah, sayuran, dan bahan-bahan lainnya.

Ada baiknya gunakan dua talenan berbeda untuk memotong daging mentah dan sayur-sayuran serta jangan lupa untuk gunakan papan talenan dari kayu.

 

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact