Kapan Diet Dianggap Berbahaya?

Jika ada yang menawarkan mekanisme penurunan berat badan dalam waktu singkat dengan hasil cepat sebaiknya abaikan saja. Karena hal tersebut sama sekali tidak benar, apalagi jika dilakukan dengan pola diet ketat yang membahayakan kesehatan.

Menurut HealtyDay News, cara terbaik untuk diet dan penurunan berat badan adalah dengan perlahan-lahan. Selanjutnya seiring berjalannya waktu cobalah untuk melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan sehat.

Diet yang mendorong penurunan berat badan dalam waktu cepat sangat berpotensi membahayakan kesehatan, kini dan di masa mendatang. American Heart Association atau Asosiasi Jantung Amerika memuat daftar kemungkinan risiko yang timbul dengan diet yang salah, antara lain:

  1. Defisiensi gizi yang disebabkan oleh kekurangan menu seimbang
  2. Kekurangan aktivitas fisik akibat diet yang hanya akan meningkatkan risiko serangan jantung
  3. Kurangnya variasi makanan hanya akan menimbulkan bosan maupun frustasi dan itu bisa membuat hanya bertahan dalam periode pendek karena tubuh “menolak” terus mengonsumi makanan yang sama dalam jangka panjang.
  4. Pelarangan berlebihan terhadap jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi akan merugikan karena berpengaruh pada kesehatan, terutama di masa mendatang.
  5. Ingat, diet yang cepat menurunkan berat badan yang di gembar-gemborkan tanpa dilandaskan bukti nyata, kebanyakan hanya slogan atau jargon untuk melariskan produk, yang lebih banyak efek buruknya disbanding manfaatnya.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact