Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Berpuasa

Jangan biarkan tubuh kekurangan vitamin saat puasa. Saat kekurangan vitamin, tubuh akan dengan mudah terpapar virus maupun penyakit yang bisa memengaruhi kesehatan fisikmu dalam menjalankan ibadah puasa.

Kira-kira tubuhmu saat ini sedang kekurangan vitamin? Yuk, simak beberapa tanda atau gejala jika tubuhmu alami kekurangan vitamin, berikut ini.

Rambut Rontok

 Jika saat puasa kamu merasa rambut mudah rontok, diare, atau indra pengecap jadi berkurang ketajamannya? Bisa jadi tubuhmu sedang kekurang mineral zinc atau seng.

Zinc dibutuhkan tubuh saat berpuasa untuk mengatur nafsu makan, mengurangi tingkat stres, dan memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa mendapatkan zinc pada makanan seperti daging hewani, hati hewan (sapi atau ayam), labu dan sayur bayam.

Alami Kesemutan

Kesemutan bisa menjadi salah satu cirri tubuhmu kekurangan vitamin B. Biasanya kesemutann dialami di bagian kaki maupun tangan. Vitamin B tersebut meliputi vitamin B6, B9, B12, maupun vitamin E dan niasin yang sangat penting untuk kerja saraf tubuh.

Bibir Pecah-Pecah

Jika bibirmu alami pecah-pecah selama puasa, itu karena tubuhmu kekurangan vitamin C. Nutrisi vitamin C sangat penting dan bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran. Buah dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, lemon, dan pepaya.

Sedangkan vitamin C dari syauran bisa kamu dapatkan dari paprika, cabai, kentang, brokoli, sayuran hijau, dan ubi jalar.

Infeksi atau Peradangan

Peradangan yang kerap dialami yaitu, peradangan gusi serius yang melibatkan penghancuran jaringan lunak dan tulang pendukung gigi. Untuk itu, kamu membutuhkan makanan yang kaya akan zat fosfor dan vitamin D yang penting untuk kesehatan gigi seperti susu, beras merah, tomat, kacang, ikan, jeruk, dan anggur.

Itulah beberapa tanda yang bisa kamu ketahui jika tubuhmu kekurangan vitamin. Tentunya hal tersebut bisa kamu cegah dengan istirahat, olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadikan puasa kamu lancar dan nyaman, ya Ibu Baik SunCo!

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved