Kiat Menghemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga Cermat

Bagi kamu yang masih bingung dengan bagaimana cara mengatur keuangan belanja setiap bulan, berikut ini tips hemat atur anggaran belanja untuk kebutuhan hidup sebulan.

1. Menyusun anggaran

Selalu buat anggaran dan patuhi. Menyusun anggaran penting karena semua acuan pengeluaran berawal dari sini.

Dahulukan membayar tagihan seperti listrik, cilcilan rumah, asuransi, pendidikan, tabungan, dan belanja bulanan.

2. Belanja sayur di pasar tradisional

Belanja sayur dan ikan segar di pasar tradisional akan menghemat uang belanja sampai dengan 30% dari pasar modern. Sebagai contoh kangkung di pasar tradisional 1500-200 rupiah saja satu ikat. Coba bandingkan dengan harga di swalayan.

3. Jangan terfokus pada merek

Semakin sering kamu ke mall atau swalayan, maka godaan untuk belanja akan makin besar. Godaan jadi kian kuat manakala banyak promo, diskon dari berbagai merek terkenal dengan berbagai penawaran menarik mulai dari produk kebutuhan rumah tangga seperti gula, minyak, camilan, tisu, pembersih lantai, dan sebagainya.

Jangan tergoda, bandingkan dengan merek lain yang lebih murah. Syukur kamu bisa membeli produk tak bermerek namun punya fungi sama.

4. Buat daftar menu makanan mingguan

Prinsip yang berawal dari kebiasaan ini layak kamu coba. Dengan membuat daftar menu makanan mingguan maka pola belanja kamu akan terkontrol sehingga kamu terhindar dari membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir.

5. Kurangi penggunaan kartu kredit saat belanja

Mungkin saja gaji kamu cukup banyak, sehingga sering tanpa sadar over budget alias belanja tak terkontrol. Hal ini disebabkan oleh kemudahan saat membeli barang dengan bayar di belakang. Jika ini tidak cepat kamu sadari, lambat laun kamu akan sadar bahwa uangmu ternyata tak sebanyak yang dikira.

Waspadai efek psikologis pasca gajian membuat kamu seolah jadi “orang kaya” yang justru semuanya akhirnya berujung pada tragedi kantung tipis sebelum waktunya.

Jadi, ada baiknya untuk membiasakan membayar segala tagihan di muka, kemudian lakukan investasi setelah itu baru belanja.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact