Kurangi Kebiasaan Mengunyah Es Batu, Ini Bahayanya

Panasnya udara siang memang paling enak kalau minum minuman yang dingin dan segar. Setelah minuman habis, biasanya kebiasaan yang akan kamu lakukan adalah mengunyah es batu. Bagi sebagian orang, mengunyah es batu merupakan hal yang sangat menyenangkan bahkan menyegarkan. Namun, kalau kamu memiliki kebiasaan tersebut dan terlalu sering mengunyah es batu, kamu mungkin harus mulai waspada.

Kebiasaan mengunyah es batu merupakan salah satu bentuk kondisi medis yang disebut pica, yaitu kebiasaan mengunyah atau memakan benda yang tidak lazim. Pica biasanya dialami oleh anak-anak, namun kebiasaan atau kecanduan mengunyah es batu secara medis dikenal dengan istilah pagophagia.

Pica biasanya dapat muncul akibat seseorang mengalami kekurangan nutrisi, seperti zat besi atau anemia.  Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya akan mencari es secara terus menerus, bahkan dapat mengunyah es dari freezer untuk memenuhi keinginannya.

Meski kebiasaan mengunyah es tidak seberbahaya merokok atau minum alkohol, tapi dampak terbesar yang akan dialami oleh penderita pagophagia adalah kerusakan gigi dan rahang. Selain itu, kebiasaan menngunyah es batu juga bisa memicu beberapa masalah kesehatan lain, diantaranya:

1. Penurunan suhu tubuh

Jika es yang dikonsumsi jumlahnya sangat banyak maka hal itu jelas berpengaruh pada kondisi suhu tubuh. Suhu tubuh kamu bisa turun sampai lebih rendah dari normal, hingga membahayakan kesehatan.

2. Kekurangan gizi

Mengunyah es batu juga seringkali digunakan sebagai salah satu metode untuk menurunkan berat badan karena dipercaya dapat mengurangi nafsu makan. Sayangnya, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko kekurangan gizi yang terjadi karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi harian yang sewajarnya.

3. Menghambat pembakaran lemak dalam tubuh

Mengonsumsi es batu secara berlebihan nyatanya bisa menghambat pembakaran lemak dalam tubuh dan membekukan lemak yang ada dalam aliran yang berakibat pada terganggunya metabolisme tubuh.

 

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kebiasaan mengunyah es batu?

Jika kamu salah satu orang yang mengalami pagophagia dan curiga bahwa kamu mengalami kekurangan zat besi, kamu bisa memperbanyak konsumsi bahan pangan yang kaya akan zat besi seperti daging dan sayuran hijau, serta suplemen yang dapat meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh.

Jadi, mulai sekarang kenali tanda-tanda yang terjadi saat keinginan mengunyah es batu mulai muncul.

 

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact