Madu Sebagai Obat Batuk Alami

 Batuk adalah penyakit yang umum terjadi pada siapa saja. Daya imun yang menurun disertai padatnya aktivitas yang dilakukan membuat tubuh sangat rentan terhadap masuknya beragam virus dan bakteri. Selain itu, batuk juga bisa dipengaruhi oleh jenis makanan yang kamu konsumsi.

Kalau batuk sudah menyerang, jangan dibiarkan begitu saja sebab bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menggatasi batuk dengan pengobatan alami yang mudah ditemukan, seperti madu. Madu diketahui bisa membantu meredakan batuk. Caranya mudah dengan mencampurkannya dalam the hangat atau air hangat yang dicampur lemon.

Meski mekanisme kerja madu dalam meredakan batuk belum pasti. Namun, diyakini terdapat sekitar 11 zat natural yang memiliki kemampuan antioksidan dan antimicrobial, di mana madu menjadi obat alamu yang efektif.

Perlu diketahui, penggunaan madu tidak disarankan untuk anak berusia di bawah satu tahun, karena adanya  risiko keracunan makanan yang serius yaitu infant botulism. Bakteri C, botulinum yang mungkin terkandung pada madu bisa berkembang biak dengan cepat pada usus bayi dan memproduksi racun. Sementara itu, untuk anak di bawah usia satu tahun belum mampu melawan bakteri tersebut secara optimal.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact