Manfaat Bersepda untuk Kesehatan, Cek Di sini!

Sekarang ini bersepda sedang menjadi tren baru di tengah pandemi. Banyak masyarakat semua usia melakukan aktivitas bersepeda untuk mengisi waktu luang. Mengejutkannya, toko-toko sepeda yang biasanya sepi, kini ramai bahkan sampai antre dan berdesakan.

Di samping melonjaknya tren bersepeda di kalangan masyarakat saat ini. Ternyata bersepeda memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti:

Memerbaiki Kardiovaskuler

Ilmuwan Australia Kembangkan Mesin Prediksi Terjadinya Kardiovaskular

Dengan bersepeda kamu mampu meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah. Rutin bersepeda mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Semakin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskuler, maka akan semakin minim terserang stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Menjaga Berat Badan

Punya Berat Badan Ideal Saja Belum Tentu Sehat - Alodokter

Berseda mampu meningkatkan kinerja kardiovaskuler dan otot secara optimal. Meningkatnya kinerja kardiovaskuler dari tubuhmu dan memiliki otot yang terlatih membuat metabolisme serta pembakaran kalori di tubuh menjadi maksimal.

Mengurangi Stres

Stres má na svědomí více úmrtí než rakovina kůže, naznačují výsledky  výzkumu - Flowee

Pandemi mengharuskan seluruh masyrakat #dirumahaja sehingga tak heran jika diantara kamu ada yang merasa jenuh di rumah. Satu di antara solusi menurunkan stres akibat pandemic dengan melakukan aktivitas bersepeda.

Namun, melakukan aktivitas bersepeda harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah, ya. Agar tetap aman!

Menyehatkan Tulang

5 Kebiasaan yang Berbahaya bagi Tulang Belakang - Info Sehat Klikdokter.com

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulangmu. Bersepeda juga merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoporosis semakin membaik!

Menurunkan Risiko Kanker

5 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini - Womantalk

Sebuah studi menunjukkan melakukan kegiatan bersepeda dapat  mengurangi risiko kanker. Dengan rutin bersepeda, seseorang bisa memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua.

Mengatasi Insomnia

Insomnia - The Sleep Council

Bagi kamu dengan insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mampu mengatasi gangguan tersebut. Lakukan aktivitas bersepeda 20-30 menit setiap 2 kali sehari bisa membuat waktu tidurmu jadi lebih cepat.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved