Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, belimbing. Buah yang terkenal dengan sebutan star fruit ini banyak disukai karena memiliki rasa tropis yang khas dan menyegarkan. Tidak hanya itu, di balik rasanya yang segar, nyatanya buah belimbing juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebelum mengenal manfaat buah belimbing, ada baiknya jika kamu menetahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat pada buah dengan bentuk unik berikut ini. Belimbing kaya akan antioksidan alami, magnesium, potassium, fosfor, serta asam L-askorbat atau vitamin C dan vitamin A.

Asam oksalat merupakan racun yang berbahaya pada penderita gangguan gijal. Ketika mengonsumsi belimbing dalam jumlah berlebihan, kandungan asam oksalat akan menumpuk pada tubuh karena ginjal yang terganggu tidak dapat membuangnya dari tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan keracunan yang berakibat fatal pada penderita gangguan ginjal dengan kadar ureum yang tinggi dalam darah.

Gejala keracunan belimbing pada penderita gagal ginjal dapat berupa cegukan, kebingungan mental, gangguan kesadaran, dan muntah.

Dan berikut beberapa manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh:

Sifat antioksidan

Daging buahnya yang renyah dan mengandung banyak air ini diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang secara efisien menangkal radikal bebas. Kandungan ini juga membantu dalam pengobatan hipoglikemik dan hipokolesterolemia. Kandungan antioksidan seperti zat besi, seng, dan mangan dalam buah belimbing turut memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah ini bisa membantu menghilangkan racun dari tubuh, membantu sistem kekebalan tubuh dalam menjaga dari risiko terkena kanker.

Penurun Kolesterol

Asupan nutrisi pada buah ini juga menunjukan efek penurun kolesterol, karena bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, lipid, dan asem empedu melalui kotoran.

Membantu Proses Penyembuhan

Sebuah studi menunjukan bahwa ekstrak daun, akar, dan buah belimbing mengandung saponin, flavonoid, alkaloid, dan tannin sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk proses penyembuhan.

Mencegah Radang Kulit

Belimbing yang kaya akan anti-inflamasi bisa menurunkan risiko gangguan kulit seperti dermatitis atau radang kulit, yang ditandai dengan gatal hingga ruam kemerahan. Selain itu, buah berair banyak ini juga tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang akan membantu mempercepat proses detoksifikasi dengan membuang racun di dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi pada belimbing nyatanya bisa kamu manfaatkan sebagai makanan alternatif penurun berat badan. Serat akan mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga program diet akan menjadi lebih efektif. Selain itu, serat juga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga hasrat ngemil dapat lebih terkontrol.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved