Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Jamur merupakan salah satu makanan yang digemari oleh orang banyak. Selain memberikan rasa nikmat, jamur juga memberikan manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi, protein, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya. Jamur juga mengandung antioksidan, selenium, dan polisakardia serta vitamin D2 (ergokalsiferol) .

Setelah disebutkan beberapa kandungan dalam jamur, lalu kira-kira apa saja manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi jamur?

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Pada pengobatan tradisonal cina, jamur shitake digunakan untuk membuat obat flu. Beberapa penelitian juga menunjuka bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi akibat bakteri atau jamur.

Kemudian, jamur shitake dan jamur oyster mengandung beta-glukan, salah satu polisakarida yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada sebuah studi, 52 orang yang mengonsumsi satu atau dua jamur kering dalam satu bulan, fungsi kekebalan tubuhnya meningkat dan risiko terjadinya perdangan menjadi berkurang.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Jamur kaya akan antioksdian yang membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang ada dalam tubuh berpotensi menyebabkan penyakit kanker. Beta-glukan pada jamur juga digunakan sebagai salah satu perawatan kemoterapi atau terapi radiasi.

Walaupun tidak membunuh sel kanker, beta-glukan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, beta-glukan juga mengatasi efek samping mual akibat kemotrapi atau terapi radiasi.

Menurunkan kolesterol tinggi

Kandungan beta-glukan, eritadenine, dan chitosan pada jamur juga membantu menurunkan kolesterol. Sebuah studi dilakukan pada orang obesitas yang melakukan diet dengan jamur. Hasilnya menunjukkan bahwa mengganti daging dengan jamur selama 3 kali seminggu, dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sebanyak 8%, mengurangi trigliserida sebanyak 15 persen, dan menurunkan berat badan sebesar 3,6 %.

Sehat bagi jantung

Serat, kalium, dan vitamin C pada jamur berkontribusi menjaga tekanan darah dan kolesterol sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan hipertensi.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact