Manfaat Mendengarkan Musik Saat Olahraga

Mendengarkan musik saat berolahraga nyatanya bisa membangkitkan mood. Berolahraga memang lebih menyenangkan jika sambil mendengarkan musik. Tapi perlu diketahui, sebaiknya kamu dengan kebiasaan olahraga sembari mendengarkan musik harus merasa senang, sebab kebiasaan tersebut nyatanya menyimpan banyak sisi positif bagi tubuh.

Berikut manfaat baik yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan tersebut.

Membuat pikiran jadi lebih positif

Mendengarkan musik sembari olahraga bisa membantu kamu mengurangi rasa gugup dan membangun perasaan tenang. Selain itu, mendengarkan musik membuatmu tidak cepat merasa lelah pada saat melakukan olahraga yang cukup berat. Walaupun kamu sudah bersepeda selama satu jam.

Membantu untuk fokus

Ketika sedang berolahraga, mungkin ada saja gangguan yang akan mengalihkan perhatianmu, seperti teman yang mengajak ngobrol, rasa lelah yang mulai muncul, dan lain-lain. Dengan mendengarkan musik, pikiranmu dapat lebih fokus, sehingga performa olahragamu pun dapat lebih maksimal.

Membuat detak jantung jadi stabil

Setelah melakukan jenis olahraga tertentu, biasanya kamu akan berdebar-debar karena detak jantungmu meningkat. Mendengarkan lagu yang slow saat berolahraga dapat membuatmu tidak terlalu  tersengal-sengal setelah selesai berolahraga, karena lagu bertempo lambat membantu mengurangi kecepatan detak jantungmu hingga 90 detakan per menit.

Jadi lebih semangat

Mendengaran musik bertempo cepat akan membuatmu lebih semangat ketika berolahraga.

Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu senang mendengarkan musik bertempo cepat, tanpa sadar pasti kamu jadi lebih ingin menari. Nyatanya mendengarkan musik memang membuat kamu menjadi lebih semangat dan bergerak lebih banyak, sehingga kalori yang terbakar pun dapat meningkat lebih banyak. Itulah sebabnya, olahraga seperti zumba dan aerobic yang menggunakan musik dapat membakar banyak kalori.

 

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact