Matcha dan Green Tea, Serupa Tapi Tak Sama

Buat kamu pecinta teh, pasti sudah tidak asing lagi dengan matcha dan green tea. Tapi, tahu tidak, kalau nyatanya matcha dan green tea itu berbeda? Meski berasal dari tanaman yang sama yaitu Camelia Sinesis perbedaan mendasar keduanya terletak pada cara mengolah dan warna yang dihasilkan.

Selain itu, masih ada perbedaan lainnya yang bisa kamu ketahui lainnya, apa saja? Berikut diantaranya:

Warna dan Tekstur

  • Matcha diproses dengan menutup daun teh selama 20 sampai 30 hari sebelum dipanen. Hal itu membuat warna daun menjadi lebih gelap karena meningkatnya asam amino yang ada di klorofil daun.
  • Proses pengeringan daun matcha lebih singkat, alasannya untuk menjaga warna hijaunya.
  • Matcha sendiri biasanya sering digunakan sebagai bahan campuran kue, minuman, eskrim, hingga puding. Jika kamu mengonsumsi matcha, ini sama artinya dengan mengonsumsi seluruh kandungan dan manfaat baik yang ada pada daun teh hijau.
  • Sedangkan greentea atau teh hijau biasanya disuguhkkan masih dalam bentuk potongan-potongan bubuk teh pada umumnya. Jika diseduh, kamu masih harus menyaring ampasnya terlebih dahulu. Hal ini jelas berbeda dengan matcha yang tidak memiliki ampas.

Kandungan Matcha dan Green Tea

  • Matcha mengandung kafein yang lebih tinggi dibandingkan green tea. Sehingga matcha bisa membuat seorang tetap  terjaga sedangkan green tea membuat seorang jadi lebih rileks.
  • Kandungan antioksidan matcha pun lebih banyak disbanding green tea atau teh hijau, yaitu mampu melawan radikal bebas di tubuh.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact