Mengatur Pola Diet Ideal

Demi mendapatkan bentuk tubuh ideal banyak orang mati-matian mencoba aneka metode pelangsingn tubuh, termasuk yang ekstrem sekalipun. Tak peduli seberapa mahal nominal yang harus dikeluarkan, asal memberikan hasil yang maksimal, mereka pun tanpa ragu untuk melakukannya.

Daripada terus-terusan merogoh kocek dalam demi tubuh ideal, lebih baik simak ulasan langkah-langkah yang bisa kamu jadikan panduan sebelum memutuskan berdiet.

Jangan Menghindari Makanan yang Dibenci

Terpaksa membenci makanan karena kandungan lemak atau kalorinya tinggi padahal makanan itu enak sekali. Saat memutuskan menghindari makanan seperti ini kamu akan menjalani diet yang penuh siksaan. Bahaya lain yang mengintai adalah saat diet dianggap selesai sehingga kamu ingin “membalas dendam” dengan makan sepuasnya makanan yang sebelumnya dihindari. Karena kelebihan, tubuhmu naik mendadak, bahkan melebihi sebelum diet.

Tip baiknya, lebih baik konsumsi makanan tersebut sedikit saja untuk memuaskan rasa penasaran dan berhentilah sebelum kenyang.

Hindari Meniru Pola Diet Orang Lain

Mungkin sahabatmu bisa sukses dengan diet rendah karbohidrat, tinggi protein. Namun hal itu tidak berlaku sama untukmu. Kondisi tubuh termasuk metabolisme setiap orang berbeda. Mungkin sahabatmu bisa menghindari nasi, tapi tubuhmu belum tentu begitu. Sebelum mulai melakukan diet, konsultasikan dengan ahli gizi untuk menyusun diet yang sesuai untukmu.

Terdapat lima faktor yang menentukan sukses tidaknya gaya diet, yaitu:

Genetik

Jika kamu terlahir dari orangtua yang terbiasa mengonsumsi nasi maka sistem pencernaan pun akan terpola mengikutinya. Jadi, ini tidak sama dengan orang Barat yang cukup puas dengan makan roti atau sayur saja.

Pikiran

Pikiran memegang peran penting dalam menentukan sukses tidaknya diet. Otak akan mengatur kapan kamu harus makan dan kapan harus menyetopnya. Jika pengaruh pikiran sangat kuat untuk menentukan kapan saat makan maka hal ini lebih berhasil mendorong tercapainya tujuan dietmu.

Gaya Hidup

Jika kamu raji berolahraga makan kesehatan akan menjadi milik-mu. Jauhi nikotin serta kafein yang bisa membuat tubuh lebih bugar saat diet.

Kesehatan

Faktor kesehatan terkait erat dengan gaya hidup yang kamu jalani.

Makanan

Penuhi pola makan empat sehat lima sempurna dan tetap atur porsinya, ya! Misalnya, tetap penuhi jumlah karbohidrat tapi kurangi porsinya pada malam hari, perbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air serta hindari yang banyak mengandung gula.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact