Perhatikan Aturan Berenang saat New Normal

Kolam renang sudah kembali dibuka untuk umum, tapi jangan asal main nyemplung dulu, ya! Ada baiknya, kamu ketahui terlebih dahulu aturan berenang di masa new normal.

  1. Air kolam memakai disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromi 3-8 ppm, sehingga pH air mencapai 7,2-8.
  2. Hal ini bisa dilakukan setiap hari dan hasilnya diinformasikan pada papan informasi agar dapat diketahui seluruh pengunjung.
  3. Pembersih dan disinfektan diberikan ke seluruh permukaan di sekitar kolam renang, seperti pada tempat duduk, lantai, dan sebagainya.
  4. Jarak aman antar pengunjung harus dijaga saat di ruang ganti.
  5. Pengguna kolam renang harus berada dalam keadaan sehat dan wajib mengisi formulir self-assesment risiko COVID-19. Jika hasilnya termasuk risiko tinggi, maka orang tersebut tidak boleh berenang.
  6. Jumlah pengunjung dibatasi sehingga bisa jaga jarak
  7. Pengunjung wajib menggunakan peralatan pribadi, seperti handuk, kacamata renang, peralatan mandi, dan sebagainya.
  8. Pengunjung wajib menggunakan masker sebelum dan sesudah berenang.
  9. Pengunjung wajib melakukan pengecekan suhu sebelum masuk ke area kolam renang.
  10. Setiap fasilitas dalam kolam renang public diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Menurut beberapa para ahli, benerang di kolam renang umum selama masa pandemic masih berisiko tinggi terjadi penularan virus. Hal tersebut karena virus masih bisa menyebar dan menginfeksi pengunjung yang datang ke kolam renang tersebut.

Selain itu, saat kamu membilas tubuh dan masuk kamar ganti, droplet bisa saja menyebar dan akhirya menginfeksi tubuh.

Jika kamu sudah paham mengenai beragam risikonya, berikut beberapa tips aman berenang di kolam renang umum kalau kamu masih ingin melakukannya:

Gunakan masker

Sebaiknya tetap gunakan masker sampai sebelum kamu masuk ke dalam air. Ini karena virus tidak menular melalui air kolam renang, melainkan dari permukaan-permukaan yang ada di area kolam renang.

Jaga jarak aman dengan pengunjung lain

Meski tidak menulai dalam air, kamu sebagai pengunjung harus tetap disiplin untuk jaga jarak selama berenang. Ini karena droplet bisa berpindah dari satu orang ke orang lain melalui udara yang ada di sekitar kolam renang.

Terapkan etika batuk dan bersin

Meski dalam air, kamu juga harus tetap menerapkan etika bersin dan batuk, pasalnya dropelet bisa saja menyebar ke area kolam renang lainnya.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact